Gabungan LNB C dengan Ku Band

Masih ingat dengan artikel Cara pasang LNB yang benar, semua pemasangan LNB mempunyai dasar yang sama seperti pada artikel tersebut, namun banyak orang berkreasi demi untuk mempermudah pemasangan LNB. Prinsip pemasangan LNB lebih dari satu adalah jika semakin banyak LNB terpasang maka semakin dalam posisi LNB terakhir tersebut pada bracketnya. Atas dasar itulah maka banyak yang berkreasi untuk membuat jenis LNB menjadi multifungsi dan efesien dalam pemasangannya. Jenis LNB gabungan LNB Ku dan C Band yang kini sudah dijual dan tersedia di toko parabola, kisaran harga parabola 350 ribu rupiah.

Saat sekarang sudah banyak dijual LNB combo maupun multi combo (Ku dan C Band) harganyapun masih standard berkisar 300rb an.

arah pantulan
Gambar Pantulan Sinyal ke LNB
Kita juga dapat membuat LNB combo multifungsi tiruan, yaitu dengan sedikit kreatif, tentunya menggunakan peralatan khusus seperti dibawah ini :
  1. Siapkan LNB Ku Band bekas yang tak terpakai namun masih baik.
  2. Siapkan pula LNB C Band tak terpakai dan masih baik pula.
  3. Persiapkan Gergaji kecil atau bor listrik buat lobangin LNB C Band anda.
  4. Persiapkan alat perekat/penyambung misalnya Lem Campur Epoksi atau sejenisnya.
  5. Split LNB 2 in 1 buat mengabung kabel LNB
 Caranya :
lnb combo jadi
Contoh LNB Combo Multi Band
Buatlah lobang di kepala LNB C Band yang besarnya disesuaikan dengan kepala LNB Ku  (maksudnya diameternya disesuaikan setelah Kepala Ku Band nya dilepas terlebih dahulu) oke

Pada bagian dalam LNB tadi, perhatikan posisi jarum, pada saat pemasangan/Penempelan posisikan batang antenna yang terlihat melintang di dalam LNB sejajar dengan batang antenna LNB kedua, ingat jarum jarum diusahakan jangan saling menyentuh dan harus saling jajar (Sejajar Vertikal dan horizontalnya) Kemudian lem atau rekatkan dengan kuat kedua LNB tadi, untuk pemasangan pada bracket tidak berbeda dengan pemasangan LNB C Band yang biasa dilakukan.


posisi pemasangan lnb
Posisi di Bracket
Catatan :
utk cara menggabung lnb tersebut gunakan diseqc switch/ Split 2×1 cara setting Receivernya : LNB C Band diatur dengan diseqc port 1 sedangkan LNB Ku Band diseqc port 2. Untuk LNB Ku agar dapat menerima satelit dengan mengarahkan konektor LNB Ku ke arah Utara..
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. Lebih hemat dan praktis pasang LNB combo kayaknya, kecuali kalau maksudnya ingin berkreasi.

    BalasHapus