Mengenal dish antena parabola

Berikut belajar tentang dish antena parabola, apakah dish antena parabola itu? dish antena parabola adalah reflektor antena yang berbentuk wajan melingkar dengan sudut lengkungan disetiap lengkungnya sudah diperhitungkan sudut pantulannya.

Contoh bentuk wajan (kuali) dibuat persis seperti bentuk dish antenna parabola, namun wajan tidak dibuat dan diukur secara akurat, wajan hanya dibuat sedemikian rupa untuk menampung air atau masakan agar mudah di gunakan, seperti untuk menggoreng, oseng oseng dan lainnya, maka akan menjadi lebih mudah karena tidak mempunyai sudut yang dapat menghalangi kerja sendok gorengan.

Dish antena parabola dibuat sedemikian rupa seperti wajan namun mempunyai ukuran lengkung yang terencana dan terukur dengan maksud agar setiap area dish dari diseluruh permukaannya diharapkan bisa memantulkan sinyal satelit terpantul di satu titik fokus dimana LNB berada.

Dish Antena parabola cara kerjanya persis sebuah cermin, misalkan dalam ukuran dish yang 6 feet, disetiap lempeng dish (di bagian permukaan) dapat diumpamakan kaca cermin yang ditempel mengikuti lengkungan dish, ketika sinar matahari memancarkan sinarnya dan mengenai dish dengan lempengan cermin tersebut maka yang terjadi adalah cahaya dari matahari tersebut akan memantul ke satu titik dimana LNB berada, bagi dish antena yang baik pantulan cermin tersebut tidak boleh ada yang salah arah atau mengarah kemana mana, namun semuanya harus di tengah (titik fokus LNB), sehingga dengan demikian  kualitas dish tersebut dapat kita ketahui apakah dish tersebut bagus atau tidak.

Dalam perkembangannya dish juga mengalami efesiensi dalam pembuatannya, dish antena parabola tidak mesti harus seperti wajan (kuali) bentuknya (jenis dish ini sering kita sebut prime fokus), tetapi jauh lebih sederhana dan simple pembuatannya contoh misalnya dish antena parabola offset fokus, dish ini posisi LNB tidak mesti berada ditengah dish, sebab dish antena nya dibuat lebih efesien namun titik fokusnya sesuai lengkungnya sudah diarahkan ke LNB tersebut.



Nah sekarang kita sudah mengerti tentunya mengapa dish antena parabola tersebut tidak boleh ada yang penyok atau mempunyai permukaan tidak rata, bahkan terkoyak. Mulai dari sekarang kita harus rajin rajin memperhatikan dish antena parabola kita apakah dishnya masih bagus (presisi), tidak ada penyok, atau jika ada sampah di dalam dish harus segera di bersihkan namun harus hati hati membersihkannya jangan sampai merubah lengkungan dish.
Previous
Next Post »
0 Komentar