Sinyal parabola mendadak hilang

Dirumah menggunakan antena parabola, namun akhir akhir ini sinyal parabola hilang mendadak, diutak atik lama-lama sinyalnya menghilang, dengan kasus resiver tidak ada sinyal ini  saya ingin mengajak teman kreatif untuk bersama sama memperbaikinya yuk..

Receiver yang kehilangan sinyal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah faktor dish (antenna ) yang bergeser dudukannya karena ditiup angin atau tanpa sengaja tersenggol saat kerja. Namun ada satu penyebab yang tanpa kita sadari atau terfikirkan yaitu disebabkan faktor alam atau umur komponen salah satunya adalah kabel antenanya.

Baik berikut tip mencari sinyal dari receiver parabola yang sinyalnya hilang :
  1. Kendurkan semua baut penahan posisi Antenna
  2. Turunkan antenna dengan posisi LNB menjadi di bawah.
  3. Lepaskan konektor kabel yang menempel di LNB Cband ataupun Kuband
  4. Periksa ujung konektor apakah kawat tembaga yang bagian tengah masih utuh atau sudah patah, jika utuh kemungkinan bukan itu penyebabnya, namun jika patah sudah pasti karena karat / korosi.
Cara memperbaiki :
  1. Potong ujung kabel lepaskan konektor lama (jangan dibuang karena masih bisa digunakan lagi), buat kembali dengan benar sambungan konektor  antenna tersebut.
  2. Bersihkan permukaan (lobang konektor yang di LNB biasanya tersumbat oleh kawat lama yang berkarat dan masih menempel didalam lobang tersebut, usahakan sampai terlepas dan bersih jika perlu diberikan cairan anti karat.
  3. Setelah bersih dan kembali baik kemudian pasang kembali konektor antenna yang sudah dibuat ulang tadi.
  4. Kembalikan lagi posisi antenna tadi ke posisi semula. dan coba dihidupkan receiernya.
korosi LNB

cara pasang konektor


Jangan lupa ya agar konektor awet, gunakan isolatif anti air atau tutup lnb menggunakan bekas botol aqua besar. setelah itu  anda bisa kembali bisa menonton tayangan kesayangan anda menggunakan Antenna Parabola.
Previous
Next Post »

11 komentar

  1. kadang sinyal hilang timbul kira kira apa sebabnya gan, kasusnya seperti palapa dapet sinyal sedangkan telkom kadang ada kadang tidak.

    BalasHapus
  2. Abang pake Dish Parabolanya satu aja ya? pake LNB berapa buah? atau apakah abang pakai Rotator Parabola? jika lebih rinci mungkin saya bisa bantu
    Tq.

    BalasHapus
  3. Sya mau tanya kenapa chanel premium sya mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal chanel2 lain sperti RCTI, GLOBAL,ANTV,TRANS7,TRANS TV dan lain semuanya bagus, tapi cuma chanel2 premium saja seperti fox,calestial,kix dan chanel2 premium lainnya yg mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal paket saya cek masih aktif selama sebulan tapi hanya 3 hari pake sudah tidak ada sinyal, dan kadang juga sinyalnya timbul tapi hanya beberapa menit hilang lagi semua chanel2 premiumnya... Kalo memang discnya bermasalah kenapa siaran2 lainnya bagus semua, hanya chanel2 premium saja yg begitu, tolong bantuannya, trima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya paketnya habis, jika kanal Lokal bisa berarti Antena dan kabel ga masalah. Coba Boz tanya sama provider tV nya.

      Hapus
  4. Sya mau tanya kenapa chanel premium sya mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal chanel2 lain sperti RCTI, GLOBAL,ANTV,TRANS7,TRANS TV dan lain semuanya bagus, tapi cuma chanel2 premium saja seperti fox,calestial,kix dan chanel2 premium lainnya yg mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal paket saya cek masih aktif selama sebulan tapi hanya 3 hari pake sudah tidak ada sinyal, dan kadang juga sinyalnya timbul tapi hanya beberapa menit hilang lagi semua chanel2 premiumnya... Kalo memang discnya bermasalah kenapa siaran2 lainnya bagus semua, hanya chanel2 premium saja yg begitu, sedangkan paket saya masih aktif selama sebulan.. tolong bantuannya trima kasih

    BalasHapus
  5. Sya mau tanya kenapa chanel premium sya mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal chanel2 lain sperti RCTI, GLOBAL,ANTV,TRANS7,TRANS TV dan lain semuanya bagus, tapi cuma chanel2 premium saja seperti fox,calestial,kix dan chanel2 premium lainnya yg mendapat pesan "tidak ada sinyal" padahal paket saya cek masih aktif selama sebulan tapi hanya 3 hari pake sudah tidak ada sinyal, dan kadang juga sinyalnya timbul tapi hanya beberapa menit hilang lagi semua chanel2 premiumnya... Kalo memang discnya bermasalah kenapa siaran2 lainnya bagus semua, hanya chanel2 premium saja yg begitu, sedangkan paket saya masih aktif selama sebulan.. tolong bantuannya trima kasih

    BalasHapus
  6. jika bg Leon Berlangganan Resmi (telkomvision, Indovision, Orange dll), tentu saja abang bisa tanyakan ke Operator/CS/Tekhnisi dimana abang berlangganan tersebut, sebab merekalah yang tahu jawabannya ini dikarenakan tV Nasional bisa diterima. Lain Halnya jika semua ch tidak dpt diterima, bisa kemungkinan Antena abng sendiri yg bermasalah.

    BalasHapus
  7. om signal di tv saya tiba - tiba hilang saat hujan , dirumah saya ada 3 receiver yang terhubung sama satu parabola dan semuanya hilang mendadak saat hujan deras , nah itu yang rusak parabola bagian yang mana biasanya ... salam nyetrum .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika parabolanya baik, apalagi mengunakan dish grid, hujan deras tidak menjadi masalah. Coba tukar receivernya (dr 3 receiver tersebut) apakah masih bermasalah. yg jadi pertanyaan pakai LNB berapa banyak, dan apakah konektor kabel antena tertutup, biasanya masalahnya hanya karna terkena air hujan dapat memutuskan sinyal. Usahakan ditutup bagian LNB maupun konektor termasuk multiswitch nya yg ada di bagian luar.

      Hapus
  8. Bang, klo ada bbrp TP signal ny hilang timbul itu apa masalahnya ya?? Bbrp TP ada yang normal juga.
    Sya menggunakan parabola matrix 6 feet 2 lnb tanpa rotator.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sepertinya Antena Abang bergeser tuh, mungkin terkena angin kencang, coba di perbaiki lagi...

      Hapus