Cara Membagi 1 Parabola ke banyak receiver

Tema kali ini adalah mengatasi masalah membagi 1 parabola ke banyak receiver dan cara mengatasi siaran parabola yang hilang di beberapa receiver setelah pemasangannya.

Menggunakan LNB tunggal/single
Biasanya penggunaan 1 LNB baik Ku maupun C band adalah untuk 1 receiver, namun bisa saja digunakan untuk beberapa receiver dengan menghubungkannya secara seri atau paralel (tergantung ada tidaknya konektor Rf output  pada receiver induk), jika paralel tentunya menggunakan multiswitch atau spliter. Tetapi hal ini mungkin tidak dianjurkan sebab akan ada masalah pada penerimaan di receiver kedua atau ketiganya tentunya beberapa kanal yang mempunyai polaritas berbeda tidak dapat diterima di receiver kedua atau receiver ketiganya.
agar lebih jelas berikut contoh fisik LNB Cband single, perhatikan gambar  berikut :

LNBCband tunggal

Pemasangan LNB tunggal/single untuk banyak receiver


Dengan menggunakan LNB Combo :
Umpamanya anda akan memasang 4 buah Televisi masing -masing 1 buah di Ruang tamu, 3 buah yang lain di kamar tidur, dan anda tidak ingin mengalami masalah penerimaan karena disebabkan polaritas berbeda antara kanal  maka yang harus anda lakukan adalah memasang LNB Combo yaitu LNB yang digabung menjadi satu dengan output (Polaritas) ganda.

Cara kerja LNB Combo :
LNBCombo
LNB combo menyediakan polarity berbeda, multifungsi atau multireceiv dalam satu waktu, cara kerjanya adalah sebagai berikut :
sebut saja LNB ini dengan A1 dan A2 dalam satu wadah, A1 mempunyai 2 polaritas Horizontal dan Vertikal begitu pula A2. Ketika pada A1 menerima kanal dengan polaritas Vertical untuk receiver 1 maka pada A2 dapat menerima kanal dengan polarity Horizontal yang tidak akan terganggu oleh A1 (pada waktu yang bersaman)


LNB

Menggunakan Multiswitch :
Setelah mengetahui cara kerja LNB combo maka untuk melengkapi penggunaannya kita perlu sebuah alat lagi yaitu Mutiswicth atau splitter, merupakan alat pembagi/combiner atau frequency selector sehingga frekuensi dari LNB yang  berlainan dapat di keluaran menjadi beberapa polarity (Vertikal dan Horizontal) serta dapat dibagi menjadi beberapa output, misalnya mltiswitch 4in1 atau 3in1 atau 4in2 dan sebagainya. Penggunaan LNB Combo maupun Multiswitch tidak akan berarti tanpa mengetahui cara setting pada digital receivernya.

bentuk multiswitch :
multiswitch



Cara Pemasangan Parabola dengan banyak receiver / tv :
Perhatikan gambar berikut
cara pasang lnb combo

Sesuaikan panjang kabel yang dari LNB ke Switch atau dari switch ke Receiver yang disesuaikan dengan ruang dan jarak antar kamar/ruang rumah anda.
Dan setelah semua kabel terpasang dengan benar maka mulailah arahkan antena parabola anda ke satelit yang ingin dicari, jika sudah ketemu (misalnya satelit PalapaD) pastikan semua receiver sudah siap melakukan penerimaan pada saluran PalapaD. dan anda dan keluarga anda akan dapat menikmati semua chanel FTA yang ada di satelit PalapaD tanpa adanya gangguan polaritas antar receiver.

Bagi anda yang tidak mau repot mikirin beli Receiver untuk dipasang ke masing-masing TV maka saya sarankan untuk membaca artikel Membagi Siaran Parabola ke Banyak TV dengan FR Modulator
Previous
Next Post »

53 komentar

  1. berapa harga multiswit dan lmb combo itu boos

    BalasHapus
    Balasan
    1. harganya pasti beda-beda disetiap tempat... bawa aja bekal 200rb an. saya kira udah cukup.

      Hapus
  2. Mas mau nanya nih masi new bie
    Saya dirumah pasang sejenis indovision gitu (lupa namanya), apa caranya sama kayak diatas?
    Trus apa di masing2 kamar harus dipasangkan digital receiver lagi ya? (alat yg berbentuk sprt dvd, maaf kalo salah namanya) mhn penjelasannya
    Jd saya harus mmbeli apa saja agar bisa menonton siaran yg berbeda disetiap kamar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf Mas Bobohoo, baru baca komennya, karena sudah berupa paket, ketersediaan paket seperti dimaksud tentunya dapat diminta ke provider/penyedia, biasanya mereka sudah siap untuk pesanan tertentu. Memodifikasi alat yang tersedia juga tidak memungkinkan, kecuali ada pesanan khusus ke pemasang alat (seperti perlengkapan LNB combo dan tambahan receivernya untuk kesetiap ruang). Terima kasih sudah berkunjung.

      Hapus
  3. Mas sy ada 4 tv dikamar berbeda, kalo pake metode diatas apakah tiap kamar harus dikasi tambahan digital receiver masing2? Atau hanya 1 aja di tempat awalnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali mas, untuk setiap kamar harus pasang sendiri2 hanya saja harus pesan ke pemasang/providernya jika menggunakan tv berlangganan dan tidak dapat kita buat sendiri, Begitu juga untuk untuk pemasangan parabola FTA (gratis/pasang sendiri) penggunaan LNB Combo dan Multiswitch sangat diperlukan guna membagi Polaritas maupun kanal siaran.

      Hapus
    2. Sip sudah mengerti, satu lagi mas
      Dulu ketika pasang tv berlangganan itu, sy udh tanya apakah bisa 1 antena orange untuk 4 tv, dibilang bisa tapi harus membeli digital receiver lagi untuk masing2 tv, nah dia bilang ada dampaknya yaitu channelnya akan sama disetiap tv nya.
      Cara mengatasinya bagaimana? Pake cara yg diatas? Apa kita bisa memasangnya sendiri?

      Hapus
    3. Maksud dari pemasangnya adalah selain menambah digital receiver mas juga harus mengganti LNB nya dengan LNB Combo supaya chanelnya bisa dipilih sendiri2 pada masing receiver. LNB combo biasanya mempunyai 2 buah output (kabel ke recv) setelah itu baru masuk ke switching 2 input. Pada output switching inilah bisa ditentukan seberapa banyak Dig receiver yang mas mau pasang didalam rumah. Makasih

      Hapus
    4. Maaf Mas Bobo hoo, maksud saya Multiswitch bukan switching.

      Hapus
  4. Ok mengerti
    LBN combo itu dipasangnya dimana ya mas?
    Itu termasuk komponen dari dig receiv atau terpisah atau dipasang melalui smbungan antena?

    BalasHapus
    Balasan
    1. LNB tentunya dipasang menempel di titik fokus antena parabola (adanya di luar), mas bisa perhatikan antena parabola milik mas, perumpamaan bunga kembang sepatu, piringan /wajan sebagai kelopak dan LNB sebagai putiknya. untuk lebih jelasnya "ketik aja di google "antena parabola" pasti tambah jelas gambarannya

      Hapus
  5. Oke mas thnks ya infonya berguna banget nih

    BalasHapus
  6. ok sama-sama moga usahanya tambah lancar

    BalasHapus
  7. Om bagaimna kalau 2lnb untuk 2 metrix burger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. 2 LNB untuk 2 Receiver... bener. atau cari LNB combo saja (yang Sband juga ada combo)keluarannya 2. Kalau pakai Ku band jika tidak ada combo maka sebaiknya di pasang 2 buah di satu parabola atau pakai 2 parabola terserah boz aja.

      Hapus
  8. Mas... apakah sama lnb kombo yg dimaksud di artikel diatas dengan lnb dual out? Mohon pencerahan nya..

    BalasHapus
  9. mas, kalau 2 lnbf matrix apa bisa untuk receiver selain palapa dan telkom? kalau bisa bagaimana caranya, tanpa menggerakkan antena parabola? karena susah di atas genteng

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak Bisa, Sebab arah LNBF agan itu sudah di set ke arah Palapa dan Telkom, Lain Cerita kalau tV berlangganan (berbayar) spt Indovision, telkomvision Orange dsb, Mereka Jual Paket yang mereka pancarkan via satelit seperti Palapa atau telkom tentunya dengan Kode Acak yang hanya bisa dibuka menggunakan receiver khusus dari mereka.

      Hapus
    2. Salah satu cara, agan beli dish parabola baru, atau lepas dulu yg di atas genteng lalu pindahken ke bawah, baru agan bisa utak atik satelit.

      Hapus
  10. Kegunaan rf ad di mudulator buat apa sich?

    BalasHapus
  11. Di mudulator ada rf ad,bisa di putar kegunaan buat apa ya?

    BalasHapus
  12. Kegunaan rf ad pada mudulator buat apa mas

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang bisa diputar itu biasanya buat penguatan RF, agar penerimaan bertambah baik (clear)

      Hapus
  13. satu parabola dengan LNB combo dan multi swicth....namun pake receiver beda merk bisa gak gan...?

    BalasHapus
  14. BOS....saya udah punya multiswitch yg 4x4 sedangkan LNB saya pakai dua(2) LNB,,,masing masing LNB OUTPUT TUNGGAL....jadi kabel out ada dua... ....rencananya pengen pasang dua receiver ....tapi bingun pasang multiswitchnya ....bisa gak tolong kasih coret coretan skema pemasangannya bos....saya bingung pasang talinya kan lobang IN multiswitchnya ada 4(yang 0khz ada lobang 13v dan 18v dan yang 22khz ada lobang 13v dan 18v= semua 4 lobang) sedangkan kabel out dari LNB cuma dua..saya coba pasang ke 0khz yg 13v dan ke 22khz 18v..bisa sih tapi ada beberapa canel yg gak muncul dan terganggu apa bila ada aktifitas di receiver yg satunya..apa harus dicabang lagi talinya?mohon info dan coretan skemanya bos ...ini email saya arifguokill2@gmail.com ....terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba agan baca https://pasangkabelnya.blogspot.co.id/2014/08/cara-pasang-lnb-lebih-dari-satu.html

      Hapus
    2. coba agan setting di recv nya : Recv 1 0Khz dan Recv 2 gunakan 22Khz. Semoga membantu

      Hapus
  15. mas saya mau tanya, saya rencananya mau pasang 1 parabola 2 rxnya,1 dirunag tamu 1nya dikamar..dengan syarat palapa dan telkom bisa dapat..sebaiknya pakai lmb jenis apa dan switch jenis apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan lnb cband 2 bh, pasang dibracket yg sudah disediakan ditoko2, beli aja bracket yg buat 2 lnb,(1 satelit 1 lnb). Ukur dgn akurat penerimaan masing2 lnb. Gunakan multiswitch biasa (0-22k, 13-18v) 2 output, set diseq, sesuai petunjuk, cari di artikel setting diseq.

      Hapus
  16. klo sudah pakai lnb combo apa sudah langsung bisa menangkap siaran dari sat telkom ? posisi sekarang klo mau ambil siaran di telkom biasanya lnbnya 2

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang ngerti maksudnya, mungkin maksud agan mau ambil 2 satelit Palapa dan Sat telkom, Pakai Kombo ga bisa harus 2 LNB karena jarak Satelit berbeda. Namun Kalau hanya untuk nangkap Satelit telkom saja Bisa gunaka 1 LNB single ga perlu ombo, Kalau udah terlanjur pakai LNB Combo dan posisi di Sat telkom agan tinggal scan siaran aja (pakai LNB Combo). LNB Combo dgn Jenis Band yg sama digunakan untuk satu satelit dengan band frekuensi yang sama pula. Namun Jika menggunakan LNB Combo dgn beda Band (KU dan C Band)juga untuk 1 Satelit hanya dapat scan 2 jenis frekuensi berbeda yaitu frek Ku Band dan frekuensi Cband).

      Hapus
    2. .......beda Band (KU dan C Band)juga untuk 1 Satelit dapat scan 2 jenis frekuensi berbeda yaitu frek Ku Band dan frekuensi Cband...(red)

      Hapus
  17. mas boboho mau tanya klo LNB COMBO di paralel itu semua chanel TV NASIONAL bisa ketangkep semua????

    BalasHapus
  18. mas boboho mau tanya klo LNB COMBO di paralel itu semua chanel TV NASIONAL bisa ketangkep semua????

    BalasHapus
  19. mas kenapa tiba tiba hilang siaran dan sy ganti kabel dan terjadi siran saling tarik menarik klo tv 1 antv maka tv 2 juga hanya antv yg ada dan pada saat dimatikan satu resiver hilang juga tv 2.. itu gimana mas masalahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai 2 LNB dalam 1 parabola.. dan gunakan kabel terpisah utk masing2 receiver (TV)

      Hapus
  20. mas mau tanya saya pake lnb tunggal tapi d pake 2 tv resiver udah 2 tapi knapa kalo pas d hidupkan kedua nya yang 1 sinyal jadi ilang.....

    BalasHapus
  21. maaf mas, mau nanya saya pake parabola pake dish ofset yang 60cm,fta (chinasat 11) bisa pake dua reciever ga? gmana caranyanya,?

    BalasHapus
  22. pengen tapi blom mudeng ,gmna ini '

    BalasHapus
  23. jadi mas yang perlu dibeli itu LNB combo, multiswitch dan Reciver,, begitu ya? kira2 semuanya berapa mas? dan kalo bisa tutor masanginnya mas, trus kalo LNB bawaan bisa digunakan gak?

    BalasHapus
  24. kalo pakai multi swich aja tidak usah pake lnb combo apa bisa mas?

    BalasHapus
  25. mas mau tanya parabola saya khan posisi di Ninmedia (Chinasat 11) lha rencana mau saya gabungkan dengan abs2 jadi 2 satelit di 1 parabola... lha yang saya tanyakan kalau untuk dipake 2 receiver alat apa ditambahkan biar bisa sama nyala mengingat ninmedia dan abs 2 beda polaritas??

    BalasHapus
  26. muklas arifin : Jika Jarak Satelit Jauh (beda jauh sudutnya) akan perlu 2 parabola, apalagi jika yang dipakai parabola solid kecil akan susah meletakkan 2 LNB. Namun Jika Jarak satelit dekat bisa saja di buat atau di tambah LNBnya. Untuk penambahan mungkin tambah LNB doang, gak perlu pake multiswitch ootmatis. Makasih

    BalasHapus
  27. Unknown : kalo pakai multi swich aja tidak usah pake lnb combo apa bisa mas? multiswitch berfungsi mengubah tegangan - menjadi + pada systen LNB, perubahan tsb di remote berdasarkan perpindahan Polarisasi dari V ke H atau sebaliknya.

    BalasHapus
  28. Didih Setiadi : Bisa bos, tapi chanelnya akan ngikutin Receiver yang pertama, Makasih

    BalasHapus
  29. zeps anton :
    jadi mas yang perlu dibeli itu LNB combo, multiswitch dan Reciver,, begitu ya? kira2 semuanya berapa mas? dan kalo bisa tutor masanginnya mas, trus kalo LNB bawaan bisa digunakan gak?..... tutornya udah banyak di artikel blog ini.silahkan dibaca ya

    BalasHapus