Memasang Kabel Listrik Sendiri

Banyak waktu dirumah yang terbuang, padahal banyak pula rencana untuk dilakukan misalnya membenahi rumah,  sebut saja anda ingin membenahi instalasi listrik rumah  atau kabel yang berantakan di setiap ruang. Saya ingin berbagi pengalaman meng instalasi listrik  rumah baik pemasangan stop kontak maupun instalasi lampu penerangan di setiap sudut rumah. Berikut persiapan peralatan kerja :
  • Obeng (+) dan Obeng (-) besar dan kecil
  • Tang potong yang baik khusus kabel
  • Testpen
  • Stop kontak kualitas baik dengan pin ardhe (jangan yang biasa)
  • Switch lampu kualitas baik (jangan yang biasa)
  • Kabel Listrik standard atau berkualitas baik (SPLN-SNI 2000) (jangan yang biasa) yang disesuaikan dengan beban dirumah) contoh Kabel jenis NYM aau Kabel jenis NYA upayakan ukuran untuk Line (jaringan) dan stop kontak ukuran 2,5 mm sedangkan untuk ke fitting lampu penerangan dan yang ke Sakelar nya berukuran 1,5 mm
  • Isolatip kualitas bagus.
  • Pipa paralon ukuran kecil warna putih untuk membungkus kabel (agar terlihat rapi).
  • Tak kalah penting menggunakan Sandal atau Sepatu kering.
meteran listrik

Penting untuk membeli bahan bahan berkualitas seperti diatas, itu semua demi keamanan penggunaan peralatan di rumah dan keamanan si penghuni rumah.

Pertama yang harus dilakukan :
Matikan terlebih dahulu switch atau sekering MCB  jaringan listrik dirumah anda..!!!, biasanya yang menempel di meteran depan. pastikan yang terputus saat dimatikan adalah aliran plus (+) atau FASA, bisa juga anda cek dengan menggunaan testpen, biasanya kabel yang menyala itu adalah aliran/ tegangan (+) fasa-nya PLN. Setelah itu anda aman untuk bekerja.


mengetahui fasa listrik
Cara Mengetahui Fasa Listrik
Catatan 1  : Standard pemasangan warna kabel sesuai ketentuan Instalasi PLN, pada penggunaan di dalam rumah tangga Fasa (tegangan setrum) adalah berwarna HITAM. Namun kebanyakan pemasangan pada setiap rumah adalah berwarna Biru

instalasi MCB


                                                             Klik untuk Perbesar Gambar

Begitu pula pada penggunaan kawat  ardhe saya fikir kawat ardhe yang tersambung dan tertanam ditanah sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan  pengguna agar terhindar dari setruman kecil peralatan elektronik didalam rumah. Untuk memasang kabel arde dimaksud anda dapat membaca artikel terkait Cara memasang kabel arde. Namun sering ditemukan instalasi kawat arde biasanya tidak dipasang, entah mengapa saya juga tidak mengetahui alasannya, kemungkinan untuk menekan biaya. Untuk kabel arde coba anda perhatikan dengan seksama apakah di rumah anda sudah dipasang kabel arde oleh instalatir dengan melihat kabel kuning yang keluar dari meteran, biasanya kabel ini akan langsung di tanam ke ground (tanah) didekat meteran itu sendiri. Perhatikan kabel griun ini apakah juga tersambung ke jaringan dalam rumah anda, jika tidak sempatkanlah untuk membuat tambahan kabel ground ke dalam rumah, namun kabel ini jangan digunakan untuk pengganti kabel netral (o). 

Jika sekering /MCB dimeteran sudah dimatikan dan tidak ada tegangan positif yang mengalir di kabel yang masuk ke dalam rumah berarti anda sudah aman, namun jika untuk lebih amannya lagi anda dapat memotong sambungan (sambungan pertama) kabel induk tersebut  biasanya dapat anda cari keberadaannya  atas atau dibalik plafon/langit langit rumah anda.   nah jika sudah dilepas (kabel fasa dan netralnya) anda aman untuk bekerja. Yang Penting adalah agar selalu memperhatikan warna kabel dalam melakukan instalasi, pastikan kabel biru untuk tegangan fasa,  kabel ini jika ditest dengan testpen akan menyala, ini berlaku untuk semua titik instalasi di dalam rumah, dan jangan mencoba untuk menggantikannya dengan warna lain. contoh pemasangan /instalasi :

instalasi rumah

Begitu pula jika anda akan memasang titik lampu didalam rumah, pastikan kabel fasa/kabel birunya adalah fasa atau yang dialiri tegangan positif. Tak kalah penting untuk anda pahami adalah cara menyambung kabel terutama pada titik  pertemuan kabel yang dikerjakan di atas plafon rumah, kebanyakan  cara menyambung kabel digunakan metode ekor babi seperti terlihat pada gambar, Setiap melakukan penyambungan / pertemuan,  kabel harus di lapisi /bungkus  dengan isolatif khusus /standard kabel.

simpul kawat

Catatan 2 : Pentingnya pemakaian kabel standard PLN pada instalasi listrik dimaksudkan untuk beberapa manfaat yang mungkin tidak kita sadari :
  1. Terhindar dari bahaya terselubung didalam instalasi kabel seperti timbulnya efek panas pada kabel kemudian lapisan luar kabel meleleh menyebabkan kawat tembaga pada kabel bersentuhan dan menimbulkan percikan api sehingga menimbulkan kebakaran.
  2. Menghemat Pemakaian Listrik, Efek panas akibat kesalahan memilih jenis dan ukuran kabel dapat menyebabkan kerugian lain yaitu besarnya pembayaran rekening listrik, maksudnya adalah jika kabel terpasang tidak sesuai (lebih kecil dari standard) sedangkan beban pemakaian dalam line kabel sangat tinggi, kabel berubah panas karena menahan beban yang tidak sesuai dengan kemampuannya, kabel memiliki beban sendiri, menyebabkan bertambahnya beban baru yang tak kalah besarnya dengan beban peralatan rumah yang anda gunakan. 
Selamat bekerja, bekerja aman adalah dengan mengetahui fungsi dari masing masing peralatan, objek pekerjaan, dan cara bekerja yang benar.

18 Comments