Cara cepat mengetahui kondisi Hardisk

Jenis Kerusakan Hardisk

Umumnya Jenis Kerusakan Hardisk dimulai dengan gejala stag atau hardisk mengeluarkan bunyi tertentu seperti krik krik krik kemudian adalah terjadi bad sektor.
Gambar Hardisk


Bad sector sering tejadi karena kesalahan dalam memperlakukan hardisk,  seperti hardisk yang  rusak karena sering berpindah tempat atau sering diletakkan pada cashing yang tidak dibaut mengakibatkan selalu bergeser atau berbenturan kecil. Selain itu bad sector juga disebabkan oleh hardisk yang terjatuh baik dalam keadaan masih terpasang pada pc yang dalam keadaan hidup maupun hardisk  yang jatuh dalam keadaan tidak terpasang pada chasisnya.

Software untuk mengetahui Kondisi Hardisk

Bagi pemula yang belum mengerti bagaimana mengetahui kondisi hardisk  bad sektor ada beberapa Software untuk mengetahui Kondisi Hardisk bisa dengan cepat mendeteksi permasalahan bad sektor hardisk

Cek Kesehatan Hardisk dengan CrystalDiskInfo
(http://crystalmark.info/download/index-e.html#CrystalDiskInfo)

CrystaliskDiskInfo jika sudah didownload dan pada saat kita klik file execution (exe) nya akan serta erta (sekejap mata) menampilkan daftar kondisi disk yang ada di komputer kita, hmm sangat cepat. Kondisi tersebut dapat kita lihat pada peringatan yang diberikan berupa Warning Disk seperti : BAD ataupun Caution.
  1. BAD (dengan warna merah) berarti hardisk kita sudah mengalami Bad Sektor (menunggu diganti atau di perbaiki)
  2. Sedangkan Caution (berwarna kuning) berarti Hardisk kita sedang dalam bahaya crash, panas, bekerja dengan keras atau dalam kondisi kritis  (bukan kritis kapasitasnya)
setelah mengetahui hardisk yang mana yang mengalami bad sektor atau kritis maka anda akan mudah merencanakan perbaikan.
CrystaliskDiskInfo  yang saat ini sudah mencapai versi 6 berjalan pada system operasi Windows 7, Windows Server 2008, Windows Server 2003, Windows Vista dan Windows XP baik versi 32 bit maupun 64 bit. dapat Anda download di http://crystalmark.info/?lang=en
Previous
Next Post »
0 Komentar