Cara Memasang Saklar Genset Rumah

Biasanya hari minggu Listrik dari PLN padam, biasanya semakin lama padamnya suasananya juga semakin lama semakin panas, bukan hanya karena kepanasan tetapi hati juga ikut panas dibuatnya.

Maklum jika pln padam banyak kegiatan di dalam rumah terganggu, misalnya tidurnya yang tadi nyenyak karena suhu kamar berubah panas lalu terbangun karena AC atau kipas anginya mati, Penerangan juga menjadi gelap gulita, pekerjaan seperti meyetrika, memasak, mencuci pakaian, mengisi air bak mandi, menonton tv, dan lain sebagainya menjadi terbengkalai dan ditunda. OMG. Pasti kemudian ada yang mengumpat tak karuan.

Namun jika dirumah anda dilengkapi dengan pembangkit listrik sendiri seperti genset mungkin tidak sampai demikian kejadiannya, semua dapat dengan segera teratasi yaitu dengan menghidupkan dan mengalirkan tegangan genset kerumah.


Penggunaan genset untuk keperluan rumah tangga kebanyakan dilakukan dengan sangat manual yaitu dengan menarik kabel panjang dan disupply ke beberapa tempat terbatas dalam rumah sehingga tidak semua ruang dalam rumah kebagian jatah listrik dari genset.

Berikut tips cara memasang sakelar Genset ke instalasi rumah, dengan menggunakan sakelar

                              Gambar : Diagram instalasi 



                            Gambar : Rangkaian titik pemasangan kabel dalam Sakelar



                               Gambar : sesudah dirakit (tidak termasuk lampu indikator) :

 Saklar (Change Over Switch) Kabel antara Genset dan PLN adalah penghubung kabel Arde. 
Previous
Next Post »

2 komentar