Cara Pasang LNB yang benar

Sobat Pasang Kabel yang terhormat, berikut saya coba menulis mengenai cara pasang LNB yang benar  sesuai pengalaman saya. Pertama yang harus anda perhatikan dalam memasang LNB adalah letak LNB atau posisi LNB pada titik fokus pada dish parabola anda. Memposisikan LNB pada titik fokus bisa sangat  sulit namun juga bisa sangat mudah untuk dilakukan. Sulitnya adalah setelah LNB  terpasang hasilnya tidak dapat menerima sinyal satelit dengan baik atau tidak ada sama sekali sinyal yang masuk.

Tidak ada salahnya berusaha sendiri jangan khawatir jika gagal memasang LNB, karena sebenarnya banyak faktor penyebab kegagalan memasang LNB tersebut, oleh karena itu anda juga harus mendapatkan informasi lainnya dalam blog ini.

LNB sendiri berfungsi sebagai alat penerima sinyal dari satelit, dalam penerimaannya LNB tentu dibantu oleh dish parabola yang berfungsi sebagai reflektor atau penampung sinyal masuk. Sinyal yang dipantulkan dari dish parabola terfokus atau terkumpul di satu titik dimana LNB berada (lihat gambar dibawah ini). 

arah pantulan parabola

untuk memasang LNB pada titik pusat (fokus) gunakan Bracket LNB, bracket ini nantinya dipasang penyangga agar berada di tengah atau di posisi titik fokus. Pada LNB terdapat petunjuk arah pemasangan yang ditandai dan terlihat pada bagian atas LNB.

pin pemasangan lnb

pada bagian atas LNB tertera petunjuk sudut untuk mengarahkan LNB yaitu titik 0 adalah untuk arah timur atau barat. Pada bagian bawah LNB tertera petunjuk untuk ukuran kedalaman pemasangan LNB pada Bracket, ini berguna untuk menyesuaikan titik fokus pantulan dari Dish antena parabola. Kedalaman dapat anda atur disesuaikan dengan besarnya sinyal masuk. 

kedalaman lnb
Posisi Pemasangan LNB Cband
Namun untuk LNBF Ku Band penjelasan diatas tidak berlaku khususnya untuk arah Barat-Timurnya, dan posisi yang tepatnya adalah dengan mengarahkan konektor kabel nya ke arah Utara.

contoh pemasangan LNB Ku Band
Posisi Pemasangan LNB Ku Band

Yang terakhir adalah memasang kabel coax, kabel coax ini harus diperhatikan dalam pemasangannya terutama dalam memasang konektor untuk dipasang ke LNB atau yang ke Receiver, pastikan dalam memasang konektor ke kabel coax tidak terjadi hubungan antara serabut kabel dengan kabel inti atau kabel inti bersentuhan dengan badan konekornya.

cara pasang konektor parabola

Demikian cara pasang LNB yang benar, semoga artikel ini dapat membantu.
Previous
Next Post »

7 komentar

  1. gan adakah cara terbaik buat ngukur titik fokusnya?

    BalasHapus
  2. Mas pudin maaf telat balas, baik tidaknya penerimaan dan cara menempatkan LNB tersebut tergantung banyak faktor, diantaranya pengalaman, dan yang kedua adalah cara mas pudin intalasi antena parabolanya, mas pudin dapat membaca dengan seksama artikel dalam blog ini, karena semua merupakan rangkuman pengalaman saya dalam memasang parabola, intinya adalah jika cara pemasangan dari tiang penyangga hingga dish serta arah gerakan elevasinya dan azimuth tepat maka setting LNB akan lebih mudah dilakukan.

    BalasHapus
  3. mas, klo lnb sdh terpasang, sebagian chanel ketangkap tp sebagian blm itu apa yg hrs dirubah? untuk satelit lain sinyal bagus tp ganti posisi ke satelit lain sinyal tdk ada, atau ada tp sebagian sj

    BalasHapus
    Balasan
    1. arah pergerakan parabola harus timur dan barat, posisi titik 0 LNB harus timur dan barat, namun jika pakai lnb KU bang atau Sband posisi LNB harus ke utara (posisi konektor). makasih

      Hapus
  4. parabola saya ada 3 LNB c band terhubung kesatu reciver dan satu tv, jika saya ingin menghubungkannya dengan lebih dari satu tv haruskah saya mengganti LNB nya ??? dan perlukan reciver ditambah juga ? Mohon pencerahannya trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. tentunya receiver ditambah, sebab panjang kabel RCA kadang terbatas atau output RCA dr receiver I blm support extra, Gunakan Multiswitc aja Gan.

      Hapus
  5. terimakasih bang,ijin copy gambarnya..

    BalasHapus