Cara memperbaiki aki yang soak

jika anda masih menyimpan aki bekas di rumah, sebenarnya masih  dapat dipergunakan kembali. Namun pasti dengan cara tertentu bukan hanya sekedar dicas saja sampai berjam-jam.
penampang aki basah

Seperti telah saya jelaskan di salah satu artikel cara membuat cas aki sederhana, bahwa prinsip pengecasan aki itu adalah proses pembersihan plat/sel pada aki. Soaknya aki tentu konotasinya adalah aki tersebut sudah sangat kotor atau telah banyak lapisan pada flat yang mengakibatkan tidak bekerjanya  proses recycle / pengisian ulangnya.

Oleh sebab itu aki yang soak dapat dibersihkan sel nya dengan cara menuangkan air panas kedalam ruang dimana sel atau plat timahnya berada. Tidak perlu terlalu penuh cukup sedikit atau setengahnya saja diisi air panas agar lebih mudah saat mengocok aki (ingat isikan ke semua lubang akinya). Untuk lebih kreatif gunakan tablet bodrex (obat demam/sakit kepala) yang sudah dihaluskan dan dimasukkan bersama-sama air panas tadi kemudian dikocok dan diulang-ulang hingga bersih (tidak lagi keruh airnya).
Pemberian obat bodrex tadi tidak usah teralu banyak secukupnya saja misalnya untuk setiap lobang aki cukup 1 tablet saja.

Mengapa menggunakan alternatif obat penurun panas? jawabnya adalah karna dalam kandungan tablet tersebut ada semacam zat tertentu yang sama persis fungsinya dengan zat kimia yang biasa digunaakan untuk membersihkan aki yaitu Cairan OCPA Super ADW yang memiliki fungsi sama dgn bubuk TETRA SODIUM EDTA, jadi anda tidak perlu bersusah payah mencari toko kimia cukup ke apotik atau toko obat saja, heheh. Untuk yang serius silahkan mencoba trik berikut setelah larutan Sodium EDTA terisi penuh kemudian diamkan selama 1 malam.

Besok harinya anda dapat membuang larutan perontok tadi kemudian membersihkan ulang dengan air panas. jika sudah yakin sel-sel/plat dalam aki tersebut bersih (tidak keruh lagi airnya) kemudian masukkan air aki zuur (bukan air biasa atau air aki tambah) yaitu air aki yang digunakan untuk aki baru. Isikan sesuai ukuran kapasitas pengisian yang tertera pada aki tersebut atau bahasa kimianya Hydrochloric Acid. Setelah itu coba anda cas ulang selama kurang lebih 3-5 jam dan lihat hasilnya.

Trik di atas dapat anda lakukan untuk aki kering (dry accu) hanya perlu ketelitian pada saat membuka tutup akinya.
penampang aki atau accu kering


Selamat mencoba.


Previous
Next Post »
0 Komentar