Meningkatkan performa Power Supply Komputer

Sudah baca artikel saya Cara Membuat Power Supply PC menjadi Power Supply serbaguna    jika sudah tinggal kita tambah lagi performanya.
Maklum power supply dari Komputer ini terbatas dayanya jadi harus lebih kreatif lagi agar menjadi lebih handal, Suatu saat kita ingin power supply rakitan dari power supply komputer ini dapat dihandalkan untuk keperluan lain seperti untuk melakukan cas aki dan lain sebagainya. 
Berikut cara :

Buka lagi power supply yang sudah dimodifikasi tersebut dan tambahkan komponen Resistor lebih kurang ukurannya 330 ohm.5 watt cukup 2 buah saja, dengan cara menghubungkannya diantara tegangan 5v (merah) dengan 0v (hitam).
Gunakan kawat email ukuran 2,2mm dan disolder ujungnya ke terminal  5v,  ujung yang lainnya ke 2 buah resistor 330 ohm (paralel) kemudian dilajutkan menyambung kabel dari ujung lainnya pada resistor tersebut ke terminal 0v (hitam). Penggunaan kawat email ini dimaksudkan agar resistor tambahan tadi dapat ditempatkan didekat blower/fan power supply (posisi bergantung), sehingga tidak mengganggu komponen disekitarnya dan mendapat sirkulasi udara yang baik supaya tidak cepat panas.

Satu lagi jika ingin power supply kreasi  anda ingin dipasang indikator power, dapat memasang 1 buah led indikator dengan mengambil tegangan dari kabel abu abu atau kabel merah (5v) yang di sambungkan ke tegangan 0v (hitam). 
modifikasi power supply komputer

klik untuk memperbesar gambar

Previous
Next Post »
0 Komentar