CARA PASANG SAKLAR GENSET OTOMATIS

Bagi anda yang tidak ingin repot menghidupkan genset dengan cara manual berikut cara membuat saklar genset otomatis hidup sendiri yang tentunya dengan menggunakan sebuah rangkaian elektronika mekanik dengan bantuan sebuah relay bertegangan 220v ac. Jangan Lupa siapkan kabelnya.

Baca Juga
Cara Memasang Saklar Genset Rumah
Memasang Lampu Panel Indiktor Genset

Fungsi relay di sini adalah sebagai switch otomatis yang akan mengubah arah jumper dari masukan PLN ke masukan Genset tentunya switch dimaksud menggunakan magnit. magnit dibentuk dari gulungan (coil) yang diberi tegangan 200v AC. Relay dikendalikan oleh tegangan dari PLN, jika PLN dalam keadaan menyala maka relay akan mengarahkan jumper switch ke PLN dan meneruskannya ke jaringan rumah. Sedangkan jika PLN mati maka switch akan mengarahkan jumper ke GENSET kemudian genset otomatis hidup dengan bantuan 2 buah kaki pin (s1) yang membuka switch starter Genset dan genset akan hidup dan mengalirkan arus listrik sesuai alur jumper kemudian mengalir ke jaringan rumah.

Perhatikan gambar berikut :
rangkaian switch otomatis genset rumah

dan inilah pin dari socket Relay MK2P anda pasti bisa memasangnya sendiri yang tentunya di rakit diatas sebuah papan kecil : 

pin MK2P relay
Pemasangan switch otomatis menggunakan relay ini khusus buat generator set (genset) yang menggunakan starter battery (genset aki). Kekurangan dari sistem relay ini adalah tidak adanya sistem delay untuk memberi waktu pada genset melakukan warmup (pemanasan). sehingga genset kemungkinan mengalami kejutan atau beban penuh saat menyala dalam keadaan dingin. atau anda sekarang dapat mencoba skema yang sudah saya buat untuk diterapkan silahkan membacanya di : Cara Menyambung dan Instalasi Genset menjadi Otomatis.
Previous
Next Post »

5 komentar

  1. PAK GURU, Maaf mau tanya untukkabel genset 60 KVA baiknya dpakai kabel NYY ukuran 5x berapa ya??? terimakasih

    BalasHapus
  2. Pak, maaf
    Kalau untuk Input dari Genset terbalik (Fasa dgn Negatif), apa bisa? Bahaya tidak?

    Karna biasanya genset yg 900Watt itu kan colokannya bisa dibolak-balik....?
    Mohon jawabannya...
    Terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gunakan colokan Kabel yang aman, jangan pake yg terbuka, solusinya diberi tanda aja colokan kabel dan colokan Gensetnya

      Hapus
  3. maaf pak, maksudnya dari saklar genset itu dari pengkabelan kunci kontak stater genset itu atau bagaimana yaa pak.

    BalasHapus
  4. izin bertanya pak..
    untuk kontak start genset itu kan sesaat berhubung habis tu kembali ke posisi ON.seperti starter mobil.
    apakah artinya berhubung sesaat kemudian terlepas lagi?? sedangkan pada relaykaki 3,4 seperti saklar biasa pak..

    trims.

    BalasHapus