CARA TEST TRASISTOR SEBAGAI SAKLAR

Untuk memperbaiki alat, terutama peralatan elektonika, perlu pengetahuan mengenai cara kerja komponen, banyak komponen elektronika yang mempunyai berbagai peran dalam menjadikan sebuah alat dapat bekerja, berikut yang lazim kita temukan adalah dioda, konsensator, resistor, led dan transistor. Nah sebuah peralatan elektronik tidak lepas dari komponen elektronika seperti itu. 
Berikut adalah bagaimana cara kita mengetahui cara kerja suatu komponen elektronika khususnya komponen yang terpisah dari komponen lain namun komponen tersebut tentunya saling berkaitan dengan kinerja komponen lainnya. Maksudnya adalah komponen elektronika yang tidak masuk dalam jenis Integrated Circuit (IC) components, yaitu transistor.

Sebenarnya ini bukan detail analisis karakteristik komponen transistor, namun hanya sekedar bagaimana mengetahui salah satu fungsi transistor yang mempunyai fungsi sebuah saklar (penghubung) tentunya jika diberikan sebuah tegangan kerja. Tegangan dalam praktek kali ini diberikan oleh bantuan sebuah multimeter, karena kita tahu bahwa multimetr yang biasa kita gunakan kerjanya menggunakan tegangan battery yang terpasang dalam multimeter tersebut, jadi kita tidak perlu membuat rangkaian battery lagi untuk praktek ini. 

Berikut cara kerjanya :

Ambil sebuah Transistor NPN, tentukan terlebih dahulu kaki kakinya (Emitor, Kolektor dan Basis) gunakan probe kabel multimeter yang berwarna hitam arahkan ke kaki kolektor (Collector) dan yang warna merah ke kaki Emitor, sentuh dan tahan ujung jari kita di kaki Kolektor tersebut bersama sama dengan probe kabel warna hitam tadi, sedangkan di kaki emitor kita biarkan tanpa disentuh tangan. Lihat jarum penunjuk multimeter pastikan tidak bergerak atau mempunyai tahanan tak terhingga. Kemudian sentuh kaki emitor yang terhubung dengan probe warna merah, pastikan ada pergerakan kecil pada jarum penunjuk multimeter ke nilai ohm tertentu yang berarti basis mendapat bias masukan.
transistor sebagai saklar NPN
Kemudian bagaimana untuk Transistor PNP, tentunya posisi probe multimeternya dibalik yaitu dengan menempelkan ujung probe hitam ke Emitor dan ujung probe merah ke kaki kolektor, gunakan cara tadi untuk melakukan pengetesan dan pastikan hasilnya sama.
transistor sebagai saklar PNP


Praktek pengecekan transistor seperti di atas dapat kita gunakan untuk mengetahui baik tidaknya kondisi transistor tersebut, jika kondisi transistor baik maka indikatornya akan persis sama dengan yang telah kita praktekkan seperti di atas.
Previous
Next Post »
0 Komentar