MEMASANG LAMPU PANEL INDIKATOR GENSET

Untuk memudahkan kita mengetahui aliran dari PLN sudah menyala, perlu dipasang lampu indikator didekat panel listrik. Kebutuhan lampu indikator ini tentunya berhubungan erat dengan pemasangan genset dirumah. Selain sudah dibahas tentang Cara Memasang Saklar Genset dirumah ada baiknya genset yang sudah kita pasang dilengkapi dengan lampu indikator. 

Lampu panel indikator genset atau PLN sangat penting untuk mengetahui aliran dari PLN sudah menyala, sayang jika seandainya kita sering tidak tahu ketika PLN sudah menyala namun genset kita masih hidup dan BBM akan terbuang begitu saja, pemborosan dong.

Nah agar Genset yang sudah kita pasang lengkap dengan panel yang sudah rapi di dinding tidak merugikan kantong kita baiknya kita pasang Lampu panel indikatornya. Untuk memasang lampu panel indikator genset atau PLN gunakan lampu panel yang banyak dijual di toko2 listrik atau dapat juga menggunakan lampu biasa (bohlam berwarna) dengan memasang fitting lampu terlebih dahuu di dekat panelnya.

Cara pemasangan :
  1. Pastikan Instalasi genset kita menggunakan Change Over Swith atau saklar engkol atau saklar handle.
  2. Pasang fiting lampu lengkap dengan kabelnya dan tempatkan didekat panel, jangan lupa beri warna berbeda untuk 2 buah lampu tersebut ( lampu PLN dan Lampu Genset) gunakan warna lampu merah dan hijau saja.
  3. buka box Saklar handle dan pasang kabel dari masing masing lampu sebagai berikut :
  4. perhatikan masukan dari kabel genset kemudian pasang kabel lampu 1 (merah) ke fasa Genset dan yang satunya ke negatif genset (JANGAN LUPA matikan terlebih dahulu MCB PLN yang berada di bawah meteran).
  5. Untuk yang dari PLN hubungkan kabel lampu ke fasa PLN dan yang satunya ke negatif PLN.
  6. Jika sudah benar dan kabel didalam box sudah dirapikan kemudian pasang kembali penutup Box Handle Switch).

skema pemasangan lampu panel genset

Test Lampu Indikator Panel :
Kembalikan lagi posisi ON MCB PLN (dibawah meteran) jika PLN menyala maka lampu indikator PLN (Hijau) akan menyala, kemudian hidupkan genset maka lampu Indikator (merah) genset akan menyala juga, jadi kedua lampu akan menyala, nah pada posisi inilah kita akan mengetahui PLN sedang menyala dan kita dapat mematikan Genset. 
Previous
Next Post »

3 komentar