Memperbaiki Lampu Emergency Mati Total

Lampu emergency tiba-tiba mati, tidak bisa dicharge ulang, saat dicas (charging) led charge nya menyala normal, namun sepertinya tidak ada proses charging berlangsung, dan setiap kali dihidupkan tetap tidak mau menyala. Jika dilihat ada indikasi kerusakan penyebabnya adalah pada baterai lampu emergency, yang tidak dapat menyimpan tegangan atau terjadi short atau komponen di dalam putus.
Lampu Emergency led  tidak dapat digunakan lagi, tidak masalah jika kita membeli lampu emergency led murah, yang mahal juga bisa rusak oleh karna itu mari kita coba mengenal isi lampu emergency dan kita coba memperbaikinya :
Lampu emergency yang saya perbaiki adalah merk "Surya". Kira-kira skemanya elektriknya seperti ini :
rangkaian skema emergency led

Ingat,  pada saat memperbaiki, lepaskan kabel listriknya terlebih dahulu, sebab rangkaian ini menggunakan  input langsung dari 220V AC (PLN)

Setelah dibuka, ternyata kabel tegangan positif lepas dari terminal positif batterainya, Penasaran akan hal tersebut saya membuka lampu emergency yang satunya, ternyata sama saja. Aneh bin ajaib ya.
Setelah diperhatikan dengan seksama ujung kabel posistifnya yang lepas, ujung kabel diraba menggunakan jari, sepertinya terputusnya kabel positif ke baterai disebabkan oleh pengasaman diterminal baterai dan ini hanya terbentuk di bagian positif saja.
Lalu saya ingat, pernah melihat hal ini terjadi pada aki motor atau mobil, kadang ada seperti kapur atau kerak di kepala aki, kerak inilah yang membuat kabel disekitar kepala aki atau baterai putus dengan sendirinya karena termakan zat asam lalu terjadi korosi dan memutuskan sambungan kabel.

buka isi emergency led
Kabel yang terlepas sendiri
Sebelum memperbaiki lampu led emergency sebaiknya setelah dibuka isinya Anda foto dulu terutama bagian kabel-kabelnya, ini agar supaya jika pada saat membongkar ada kabel lain yang lepas anda bisa memasang kabelnya kembali sesuai foto. Cara ini berlaku juga untuk pekerjaan membongkar peralatan berkabel lainnya.

Panaskan solder, siapkan timah solder dan kupas ulang ujung kabelnya dan silahkan dipasang lagi kabelnya. dan lampu emergency mu menyala kembali.
emergency led
Lampu menyala kembali
Previous
Next Post »

3 komentar

  1. mas mau nanya ya..semoga dengan pengalaman anda yg banyak itu,bisa menjawab pertanyaan saya..hehe..baterai seperti di foto lampu surya tersebut bisa beli dimana ya?spek baterai nya tau gak ya?kalo tau mohon infonya ya..saya lagi cari baterai seperti itu untuk emergency led surya saya yg sudah rusak baterainya.terima kasih ya.

    BalasHapus
  2. bagus sekali pertanyaannya mas, dapat dicari di toko elektronika Mas, biasanya 6 V

    BalasHapus
  3. Mas saya mau nanyak ni mas senyer saya tiba di cas pengapian ny hidup dua" ny d batrai ny mas itu saya cek pakek tespen mas dan saya coba balik cok sambung ny normal,tp d batrai saya cek tidak ada api ny sama sekali mohon bantu mas.

    BalasHapus