Membuat Cas HP dan Lampu Emergency dengan pipa paralon

Sahabat kreatif, tidak lengkap rasanya ilmu yang didapat hanya sebahagian saja yang diberikan, kali ini saya akan berbagi cara kreatif membuat cas hp sekaligus Lampu emergency saat PLN padam atau dalam keadaan gelap.  Lampu ini sangat praktis digunakan namun perlu ketekunan dalam membuat wadahnya, anggap saja kita akan menggunakan wadah plastik dengan ketebalan yang cukup. Selain itu juga dalam pembuatan lampu emergency sayang rasanya jika setengah-setengah, makanya kita buat saja sekalian dengan charger hp nya, kebetulan sumber tegangannya dapat kita gunakan aki motor atau aki bekas lainnya berukuran 12V DC aki mobil juga bisa.

Berikut Bahan bahannya :
  1. Siapkan dulu solder, timah, box plastik atau yang kreatif dapat membuat dengan box kayu tetapi usahakan lebih rapi pengerjaannya. Nah untuk yang lebih kreatif lagi bisa saja menggunakan  pipa paralon dengan panjang kira-kira 10-12 cm, ini pasti lebih keren lagi hasilnya, tapi jangan lupa penutup paralonnya harus 2 supaya hasilnya lebih rapi.
  2. Siapkan juga lem, double tip, atau sejenisnya untuk merekatkan bagian demi bagian. Selain menggunakan Bor kecil untuk melubangi bagian-bagiannya bisa juga digunakan ujung solder yang dipanaskan untuk membuat lubang led nya supaya lebih cepat.

Bahan yang lainnya adalah :
  1. LED 5-10 buah tergantung keinginan, tapi jangan banyak2 sebab IC 7805 nya mungkin lebih cepat panas, namun tidak apa-apa nanti akan dipasangi lempengan pendingin (Heatsink). 
  2. Siapkan Resistor untuk pembagi arus ke setiap LED tadi
  3. Kawat email atau kawat kabel NYA ukuran 2-3 mm, panjang disesuaikan dengan ruang didalam paralon ini digunakan untuk menyolder bagian demi bagian kaki led dan kaki resistor agar kuat dan rapi didalam wadahnya, jangan lupa untuk keamanan antar kabel gunakan isolatif agar bagian yang beda polaritas tidak short.   
  4. Kabel bekas USB cas HP yang masih bagus konektornya dan potong bagian ujung satunya.
  5. Jepitan Aki kecil (mini) 
  6. Kabel warna merah dan hitam yang fleksible (untuk ke aki) jangan terlalu besar, yang sedang saja. 
  7. Saklar geser kecil untuk menghidupkan LED.

Ukuran Resistor (setelah dihitung dengan rumus) 
R =(Vs-Vd) / I
dimana:
R = Resistor
I = Arus LED
Vs = Tegangan sumber( bisa battery 12V, atau sumber tegangan lainnya).
Vd = Tegangan kerja LED
diketahui arus maksimal yang diperbolehkan untuk LED adalah 20mA (0,02 Ampere)
Tegangan Sumber (Vs) : 12V, dan setelah melewati IC 7805 menjadi 5 V
Tegangan kerja LED Putih  : 3.0V, 
Maka R = (5-3) / 0,02 =  100 ohm
sudah ketemu tahanan nya (emang lari dari LP mana? :) hehe)
skema rangkaian cas hp dan lampu emergency
rangkaian Cas hp dan lampu emergency led
Pasang dulu ic 7805 ke lembaran aluminium (heatsink) dengan kencang yang ukurannya sudah disesuaikan dengan ruang pipa paralon, gunakan sekrup yang sesuai. lalu solder kaki kakinya kemudian hubungkan bagian tengah dengan kawat email/kabel NYA tunggal pastikan ini untuk kaki-kaki LED (Katoda) sedangkan pada kaki Ic sebelah kanan pasang juga dengan ukuran yang sama kawat email atau kabel tunggal NYA yang nantinya untuk kaki-kaki Resistor. Sedangkan kaki Ic sebelah kiri kita hubungkan langsung dengan kabel (Positif) aki 12V.
IC 7805
IC 7805 dengan output 5v DC
Jadi masing masing led akan kita tambahkan 100 ohm resistor,  jangan sampai salah memasang LED, kalau terbalik led tidak akan menyala.

Untuk merakit lihat gambar dibawah ini, pasti sodara-sodara sudah paham dengan sekali melihatnya:
membuat cas hp dan lampu emergency
Klik untuk memperbesar gambar
Previous
Next Post »

1 komentar

  1. Kreatif banget gan infonya.
    Lampu Sorot LED Termurah cek www.lampuutama.com https://goo.gl/LJ0hvH

    BalasHapus