Mengenal Kabel Video Component YPbPr, S-Video dan Video Komposit

Apa itu kabel YPbPr ? kabel YPbPr adalah kabel video komponent analog sebagai penyalur gambar dari proses modulasi gambar dan warna yang lebih kompleks, namun orang awam biasa menggunakan kabel video komposit (yang berwarna kuning), tidak banyak yang mengetahui fungsi dari kabel YPbPr yang memiliki 3 warna (Hijau, Biru, Merah), anda dapat melihat contoh gambar Penggunaan Kabel YPbPr dibawah ini :  
Gambar kabel YPbPr (kabel bagian bawah) 
Proses pembentukan modulasi Gambar dan warna menjadi komponen video YPbPr : 
Sumber informasi gambar TV warna, asalnya adalah sinyal R, Red, merah, G, Green, hijau dan B, Blue, biru. 
Agar bisa disisipkan di informasi gambar hitam putih yang sudah diciptakan sebelumnya, maka ke 3 sinyal tersebut, pada tahap pertama, di proses menjadi sinyal Y, hitam putih, R-Y dan B-Y
Kemudian sinyal R-Y dan B-Ynya di modulasi dengan frekwensi 3.8MHz untuk NTSC dan 4.43MHz untuk PAL dengan beda 90°. 
R-Y dimodulasi dinamakan menjadi Pr 
dan yang B-Y dimodulasi dinamakan Pb
Nah, sekarang sudah ada sinyal Y, Pr dan Pb. 
Kabel YPbPr
Sinya Pr dan Pb disatukan dengan sinyal sinkronisasi dinamakan sinyal Chrominance dan sinyal Y dinamakan sinyal Luminance. 
Sinyal Chrominance dan Luminance ini disatukan menjadi sinyal yang dinamakan sinyal Video CompositeSinyal Video Composite inilah yang biasa kita hubungkan ke TV monitor menggunakan kabel RCA yang terminalnya berwarna kuning. 


Kabel Video Komposit
Kalau TV monitor kita mempunyai terminal S-Video dan juga sumber AV kita mempunyai terminal S-Video, maka kalau kita hubungkan dengan kabel S-Video, hasilnya akan lebih bagus dari cara di atas yang menggunakan hanya 1 sinyal (video komposit), yaitu tidak akan ada efek warna-warni di gambar yang bergaris-garis vertikal seperti kelambu, baju. 
Pada S-Video ini, yang disalurkan ada 2 sinyal, yaitu sinyal Luminance dan Chrominance. 
Kabel S-Video
Kalau TV monitor kita mempunyai terminal Y, Pr, Pb dan sumber  AV nya, dan dihubungkan menggunakan kabel Y/Pr/Pb, maka hasil gambar akan lebih bagus dari hasil gambar dengan hubungan S-Video, antara lain kesalahan fasa antar warna, akan jauh lebih kecil, sehingga gambar lebih sempurna. Untuk hubungan selain ini, misalnya ada gambar di kiri merah kemudian berganti ke biru, maka jeda antara merah dan biru akan terlihat ada warna ungu. nah di Y/Pr/Pb refleksi warna ungunya akan lebih sedikit. 

Jadi dapat disimpulkan urutan kualitas gambar (video) penggunaan port Komposit (kuning) - SVideo - YPbPr adalah sebagai berikut  :
Port Komposit (Kuning) : kualitas Biasa
S-Video : Lumayan Bagus 
YPbPr : Sangat Bagus 

Baca Juga Mengenal jenis Kabel multichanel HDMI atau Mengenal Kabel dan Port DVI
Previous
Next Post »

2 komentar

  1. fungsi masing-masing kabel YPbPr (component video) apa ya mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. seperti dijelaskan di atas, sinyal YPbPr adalah hasil modulasi proses pewarnaan gambar video dengan output dibuat terpisah dengan pemodulasian dibuat lebih akurat, proses ini persis sama dengan jika kita menggunakan kabel HDMI.

      Hapus