Cara Membersihkan Perangkat Elektronik dengan Aman

Di negara yang beriklim tropis tentu tidak asing dengan yang namanya debu, sering kita tidak menyadari bahwa disudut-sudut rumah seperti celah dinding, celah mebel serta di dalam perangkat elektronik meskipun dalam wadah tertutup ternyata banyak menyimpan tumpukan debu yang entah dari mana dan kapan debu tersebut menempel.

Khusus perangkat elektronik yang menggunakan fan (kipas pendingin) biasanya mudah sekali menyimpan debu, contoh Komputer desktop (PC). Jika debu ini tidak dibersihkan secara berkala tentu saja dapat mempengaruhi sistem kerja perangkat dan perangkat seperti Processor maupun Motherboad akan cepat panas dan mudah rusak. untuk itu harus sering dibersihkan.

Membersihkan perangkat elektronik seperti komputer/PC tersebut gampang-gampang susah, biasanya tinggal bongkar lalu dibersihkan dengan menggunakan kwas halus dan debu langsung hilang, namun terkadang cara ini memiliki banyak resiko yaitu alat bisa jadi tidak berfungsi seperti sebelumnya, ini bisa saja disebabkan ada beberapa komponen yang tersentuh/tersenggol  tanpa sengaja saat  sedang membersihkan perangkat yang menyebabkan beberapa komponen seperti  kabel, elco, resistor maupun switch/jumpers berubah posisi atau terlepas. 
air compressor pembersih
Air compressor
Ada cara ampuh namun perlu modal untuk membersihkan komponen elektronik dengan aman yaitu dengan menggunakan air compressor (kompressor udara bertekanan tinggi). Anda tidak perlu khawatir atau pikir-pikir dengan kegunaan alat ini sebab alat ini akan sangat berguna sekali dan merupakan sebuah peralatan yang harus tersedia dirumah maupun ditempat kerja anda. Untuk harga air compressor bervariasi dari harga terjangkau hingga yang tinggi tentunya sesuai kualitas.

air compressor
Air compressor
Dengan menggunakan air compressor maka pemeliharaan perangkat elektronik anda akan lebih mudah dan aman, tanpa harus menyentuh atau menggerakkan bagian dalam perangkat elektronik anda. 
Previous
Next Post »
0 Komentar