Cara menghapus virus pada flashdisk

Virus komputer merupakan file program yang dibuat untuk menyelinap dan berkembang di dalam system komputer anda dengan maksud untuk merusak struktur system komputer, file ini sangat berbahaya sehingga disebut virus komputer. Virus komputer dapat meriplikasi/menyerupai diri sebagai file-file system (file yang bisa dieksekusi) seperti file berekstensi .exe yang secara diam diam menginstal diri dengan berbagai cara kemudiaan menggerogoti system komputer anda.

Penyebab komputer terinfeksi virus komputer pada saat kita mendownload file di internet yang ternyata berisi virus komputer, atau tertular dari komputer teman yang memang sudah banyak virusnya, yang sangat sering terjadi adalah penggunaan file bersama dan saling mengkopy paste file tertentu antar teman sekantor atau sekampus melalui media flashdisk. Namun kita bisa  menghapus file virus pada  flashdisk dengan menggunakan Windows “Command Prompt.”

gambar ilustrasi scan virus komputer

Berikut langkah-langkah cara menghapus virus dengan cammand promt:
  1. Masukkan removable disk ke port USB komputer Anda (maksudnya flash disk atau media penyimpanan sejenisnya yang menggunakan USB port). jika ada penawaran membuka folder 
  2. Klik tombol cancel pada dialog box yang tampil atau jangan membuka flashdisk tersebut sama sekali.
  3. Kemudian klik “Start” pada menu desktop dan cari "run" klik dan  ketikan ”cmd” (tanpa tanda kutip) ke dalam kolom, kemudian tekan enter atau klik ok. Setelah itu akan tampil “Command Prompt.”
  4. Ketik nama direktori flasdisk kita setelah itu tekan enter, Sebagai contoh  kita ketikkan “E:”, “F:” (tanpa tanda kutip), dan lain sebagainya tergantung susunan partisi di komputer kita.
  5. Ketik “dir / w / a” tekan (tanpa tanda kutip) ke dalam “Command Prompt” dan Enter. Tunggu sampai semua nama file tampil.
  6. Cari virus dalam daftar file pada Tampilan tadi. Carilah file dengan nama seperti “Autorun.inf,” “Ravmon.exe,” “New Folder.exe,” “Svchost.exe” atau “Heap41a”, yang merupakan file virus.  Atau setiap file exe yang mungkin dicurigai merupakan file virus. 
  7. Program .exe adalah ekstensi dari aplikasi atau software. Bila kita tidak merasa menyimpan aplikasi dengan nama file yang berekstensi exe, maka file tersebut bisa kita curigai sebagai virus.
  8. Nonaktifkan semua file  dengan mengetikkan “attrib -r -a -s -h *.*” (tanpa tanda kutip) ke dalam “Command Prompt” kemudian tekan  ”Enter.”
  9. Sekarang kita hapus file yang mencurigakan tadi dengan cara  Ketik “del” (tanpa tanda kutip) diikuti oleh nama file pada “Command Prompt” , lalu tekan “Enter.” Contoh : “del namfile.exe”
  10. Klik kanan ikon removable disk yang terletak di sudut kanan bawah dari desktop Anda dan pilih "Safely Remove Hardware”.
Previous
Next Post »
0 Komentar