Pasang konektor RJ45 ke Kabel UTP

Sebelumnya kita bahas terlebih dahulu fungsi dari pada masing-masing warna pada kabel dan dimanakah letak masing-masing 8 kabel tersebut kita pasang pada konektor RJ45.

Dalam penyambungan kabel UPT ke antara konektor RJ45 biasanya kita mengenal cara Crossover dan Straight (Silang atau Lurus). Straight maksudnya adalah jenis pemasangan kabel antara ujung yang satu dan ujung lainnya letak kabelnya sama persis di masing-masing pin konektornya. Crossover maksudnya adalah dimana kita harus melakukan pertukaran letak pin Konektor RJ45 dan kabelnya menjadi susunan tertentu (berbeda) atau dengan sambungan khusus. Contoh penggunaan kabel UPT Stright adalah untuk menghubungkan 2 device yang berbeda, seperti :

  1. Komputer dengan switch
  2. Komputer dengan LAN pada modem cable/DSL
  3. Switch ke router
  4. HUB ke Router

Sedangkan Jenis Pemasangan Crossover adalah biasa digunakan untuk menghubungkan 2 device yang sama seperti :

  1. Komputer dengan komputer
  2. swicth dengan switch
  3. HUB dengan HUB
  4. switch dengan HUB
  5. komputer dengan Router

Nah sekalian membahas cara memasang kabel UTP kita juga akan membahas susunan masing-masing fungsi warna berdasarkan warna kabel UTP tersebut,  marilah kemari .....
Bahan bahan dan Alat yang dibutuhkan :
  1. Kabel UTP
  2. RJ-45
  3. Tang Crimping dan cutter UPT
  4. LAN Tester (atau bisa menggunakan mutimeter)

Berikut cara mengerjakan pemasangan konektor RJ45 :

Pertama-tama gunakan cutting cable (pengupas kulit kabel) serbaguna seperti dibawah ini, kupas ujung kabel dengan ukuran diperkirakan saja.


setelah dibersihkan dan tinggal isi dalam kabel saja maka kabel tersebut mesti di luruskan, gunakan ujung kuku anda untuk meluruskan kabel tersebut kemudian disusun sesuai posisi warna kabel (lihat "susunan warna kabel UTP")  kemudian potong rata  menggunakan pisau tang crimping seperti gambar berikut : 

Setelah yakin susunan warnanya sudah benar dan sudah tersusun dengan rapi tanpa melepaskan pegangan jari anda pada susunan kabel tadi, lalu ambil konektor RJ45 


kemudian pada posisi yang benar masukkan pelan-pelan susunan kabel tersebut secara serentak ke RJ45  dengan didorong-dorong ke dalam hingga ujung kabel semuanya menyentuh hingga mentok ke ujung konektor.


Setelah posisi sudah mantap siapkan tang krimping dan masukkan konektor RJ45 ke lobang khusus RJ45 untuk menudian di crimp sekuat tenaga (ingat jgn menggunakan tenaga dalam anda) maksudnya adalah dengan tenaga cengkeramanmu saja. 


untuk hasil yang baik agar kabel kuat pada posisinya gunakan cara di bawah ini, anda dapat memasang dengan cara menjepitkan kulit /pembungkus luar kabel. Namun pada saat memasang kabel UTP posisikan pembungkus kabel melewati bagian yang dikhususkan untuk menjepit kulit luar kabel ini (lihat gambar) :


Previous
Next Post »
0 Komentar