Penyebab Monitor dan TV LED hidup sebentar lalu mati

Saya memiliki Monitor LED merk tertentu yang kebetulan rusak dengan gejala sebagai berikut :
Saat dihidupkan layar monitor menyala normal, namun kemudian tiba-tiba gelap dan setelah dimatikan dan dinyalakan kembali proses matinya lebih cepat dari pertama (langsung  gelap seketika) namun indikator power menyala.
Menurut pengalaman para pakar tekhnisi ada beberapa hal yang dapat menyebabkan keadaan ini terjadi :
  1. Tegangan suply Led back light over, terprotek dan gagal supply
  2. Rentengan lampu led ada yg putus atau tidak kontak
  3. Output dari supply Led back light ada yg nyaris short
Saya berikan beberapa cara sederhana mencari kerusakan tersebut, cara ini sebenarnya adalah cara yang umum, karena penyebabnya secara umum ada pada bagian Power Supply (penyuplay tegangan untuk bagian Inverter / backlight) dan secara umum pula bahwa yang biasa terjadi adalah adanya kerusakan pada kapasitor (elco) disekitar power supply, jika rusak akan nampak mengelembung yang dapat dilihat dengan mata telanjang. Elko yang menggelembung biasanya akan menurunkan tegangan supply sehingga menyebabkan protek atau layar mati sendiri (gelap).

bagian yang rusak pada LED Monitor

Namun dapat juga terjadi karena beberapa led putus atau lepas dari kontak periksa dan perbaiki jika memungkinkan, termasuk juga memeriksa bagian supply yang biasanya mempunyai tegangan output tidak sesuai dengan tegangan yang dibutuhkan sehingga tidak mampu mensupply tegangan ke bagian inverter LED atau LCD.

Previous
Next Post »

2 komentar

  1. mau tanya mas saya punya monitor lcd accer x163w kalau di hdpkan nyala sebentar kemudian mati kedip2 kadang nyala lagi kira2 kerusakannya apa ? trima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ke srvice mas, disolder ulang, ada yg kering dan retak beberapa komponent

      Hapus