Tracking Satelit Khusus dengan cara khusus

Saya kira banyak dari kita belum mencoba memanagement dishnya dengan lebih baik, kenapa demikian..? tentunya bahwa tidak semua pemasangan yang kita lakukan dapat kita rasakan hasilnya dengan sempurna. Lha dish yang dibeli saja dengan harga dibawah 1 juta, baik yang jenis grid maupun offset, namanya juga produksi massal, selain butuh ketelitian dalam mentracking satelit juga butuh pengalaman dan  jam terbang yang mumpuni. berikut Tracking Satelit Khusus dengan cara khusus

Ini pengalaman pribadi dalam mencari kanal free to Air, khususnya yang sedang hot-hotnya atau untuk satelit memiliki sudut track yang jauh dan sulit untuk ditangkap/dilock. Nah bagi anda yang ga ada bosan-bosannya melakukan eksperimen tracking satelit saya kasi trik khusus sesuai judul di atas yaitu "Tracking Satelit khusus dengan cara khusus". Maksudnya adalah Satelit khusus artinya satelit yang memang lagi dicari cari karena acara "khususnya" dan Cara Khusus artinya cara tertentu untuk mendapatkan Satelit tersebut karena sulitnya melakukan locking.

Mudah saja begini caranya :

Siapkan Dish khusus untuk satelit yang akan dicari, usahakan beli baru deh jangan gunakan dish yang buat dishare untuk satelit lain atau "satu dish untuk semua" tetapi ini khusus untuk satu satelit saja, misalnya Optus D1. Jangan lupa untuk membeli satu lagi LNBF Ku band... jangan dicampur aduk dengan Cband ntar kebingungan lagi settingnya. 

Kedua adalah gunakan dish ini untuk satu arah saja yaitu arah Timur, jangan gunakan untuk arah ke Barat (ini penting sekali dan harus diterapkan).
Timur Project (gambar diambil dari web forsat)
Ketiga adalah usahakan "project Timur" ini anda geluti paling kurang 1 bulan jangan pernah kepikiran mencoba ke arah barat lagi (arah barat udah pada pakar nyarinya), coba lakukan tracking dari 0° sampai mendekati 90° arah Timur. Biasakan menggunakan LNBF Ku Band jangan dicampur aduk dengan Cband seperti penjelasan saya tadi.

Ke Empat adalah, jika anda tidak ingin banyak kesulitan dalam melakukan tracking usahakan menggunakan disk Grid saja, bahannya ringan, mudah pemasangannya serta tidak terlalu mahal harganya. Kemudian belilah motor penggerak (aktuator dish) agar lebih mudah melakukan tracking dan menyimpan memory sudutnya.

Dari ke empat tips dan trik di atas ada beberapa alasan mengapa cara tersebut harus kita lakukan :
Pertama, adalah kondisi dish yang kurang presisi atau kurang sempurna pembuatannya apalagi dengan harga dibawah 1 jutaan, sehingga jika dipaksakan untuk semua sudut dari timur kebarat rasanya kurang bagus hasilnya, ini juga berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam ngetrack satelit, dapat anda bayangkan ketika mengetrack satelit ke arah Barat saja memerlukan tenaga dan kesabaran khusus itupun baru dapat membuahkan hasil setelah jam terbang ngetrack hingga tahunan, apatah lagi jika ingin melakukan tracking ke arah berlawanan yaitu arah timur yang kebanyakan dari kita sangat jarang melakukannya, maka itu mulai dari sekarang kita harus konsen ke arah Timur saja, Oke bro setujuuuu...? heheh

Kedua adalah jika anda familiar dalam melakukan tracking satelit pasti menjumpai hal yang membingungkan terutama jika melakukan tracking ke arah berlawanan dari biasanya yaitu ke arah timur, terkadang ketika dish dan LNBF sudah match untuk semua satelit yang ke arah Barat namun setelah melakukan tracking kebeberapa satelit di bagian Timur malah harus setting ulang LNB. Nah ini yang menjadi pertanyaan dan belum bisa saya temukan jawabannya, oleh karena itu saran saya sebagaimana di atas lakukanlah tracking khusus dengan dish khusus untuk satelit khusus yang berada di arah timur.    

Demikian tips dan trik untuk mendapatkan satelit khusus dengan cara yang khusus, semoga bermanfaat dan anda dapat segera mencoba trik ini dirumah, dan jika ada perkembangan dari hasil yang anda lakukan sampaikan khabar dengan meninggalkan komentar di bawah. Selamat mencoba dan selamat berjuang dengan semangat 17 Agustus 1945 mari kita sonsong Indonesia Maju Selangkah untuk masa depan yang lebih baik... Merdekaaaa...!! (jaka sembung pakai golok).

Previous
Next Post »
0 Komentar