Cara instalasi eQSO RF Gateway

Istilah Gateway eQSO RF

eQSO RF Gateway adalah sistem komunikasi yang dibangun untuk memperluas layanan komunikasi RF (contoh Amatir Radio atau dapat dikembangkan untuk penggunaan lainnya). Keterbatasan wilayah jangkauan penerimaan dan penyebaran informasi dalam satu komunitas tertentu memungkinkan untuk dibangun sistem telekomunikasi melalui interface antara Stasiun komunikasi RF dengan Jaringan Internet dengan nama Gateway RF eQSO. eQSO RF Gateway merupakan istilah yang digunakan oleh komunitas (Organisasi) Amatir Radio di Indonesia yang secara resmi dapat dengan legal digunakan sesuai Permen Kominfo 33 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Amatir Radio.  Dengan menyesuaikan perkembangan jaman termasuk juga berkembangnya tekhnologi yang selalu dikembangkan oleh Amatir Radio maka di era Digital yang notabene menggunakan sarana Online (Internet) hal tersebut bukan tidak mungkin dapat terwujud dan ternyata sudah kita nikmati hasilnya sekarang ini yaitu bahwa komunikasi menggunakan gelombang RF yang kadang terbatas kini dengan kolaborasi yang tepat dengan kombinasi antara RF dan Online jangkauan layanan menjadi tak terbatas.

Cara kerja  sistem Gateway eQSO  RF

Sebagaimana penjelasan pada paragraf pertama bahwa sistem jaringan komunikasi yang semula terbatas maka dengan bantuan antarmuka menjadi Jaringan Online yang kemudian dipancar ulang menggunakan stasiun pancar ulang (Repeater) di lokasi lainnya ternyata itu dapat dengan mudah terwujud.
Bahwa cara kerja Gateway eQSO RF to Online ternyata dapat diterapkan dengan sangat sederhana dan bahkan calon klien dapat merakit alat tersebut sendiri. Keuntungan lainnya adalah  sudah banyak dibangun Server  untuk membackup dan dapat beroperasi dengan maksimal guna meyediakan layanan eQSO. Sehingga kita sebagai calon klien tidak dipusingkan hanya tinggal menyediakan sendiri layanan internet dalam rumah tentunya harus tersedia PC yang memadai paling tidak sekelas minimal P4 layanan tersebut sudah dapat kita nikmati.

Untuk dapat membuat jaringan eQSO RF Gateway tentunya selain Internet dan sebuah PC tentu kita memelrlukan alat yang namanya Digital Interface yang bekerja sebagai jembatan penghubung antara HT atau Rig ke PC kita. Stasiun Pancar kita berupa Rig atau HT beserta Antena Outdoor adalah sebagai stasiun RX/TX untuk penggunaan komunikasi lokal dimana kita berdomisili yang berhubungan dengan komunitas lokal (terbatas), sedangkan koneksi Online (internet) adalah untuk menjembatani komunikasi lokal kita ke wilayah yang lebih luas dan jauh bahkan ke berbagai negara. untuk itulah diperlukan interface. Interface ini dapat kita rakit sendiri.

Sama seperti saat kita hendak bergabung dalam komunitas radio amatir, maka kita perlu meregistrasi keberadaan kita, nah begitu juga pada jaringan online maka untuk dapat bergabung pada komunikas eQSO kita perlu registrasi terlebih dahulu. Registrasi memerlukan software khusus eQSO tentunya anda bisa dapatkan di layanan eQSO dan jika sudah lengkap anda hanya tinggal meinstal dan melakuakn registrasi dengan syarat interface tersebut harus sudah terinstalasi sempurna beserta jaringan internet yang cukup bagus.
Berikut saya coba gambarkan ilustrasi diagram penggunaan gateway eQSO RF.
Sistem Komunikasi eQSO RF Gateway
Sistem Komunikasi eQSO RF Gateway

Interface Gateway eQSO RF yang dapat anda rakit sendiri
Interface HT to PC via RS232
Interface HT to PC via RS232

Instalasi Peralatan Gateway  eQSO pada PC (berikut ilustrasi instalasi Gateway Interface) :
Instalasi Gateway eQSO untuk klien
Ilustasi Instalasi Gateway eQSO untuk klien 


Previous
Next Post »

23 komentar

  1. Mas klw saya pake travo ct yg 22v-0-22v dioda sama elko bsa pake yg di gambar nmor 1 ya

    BalasHapus
  2. Magsud saya dioda 6A10 6A + elko 2200uf/25v ya

    BalasHapus
  3. Nggak papa ya saya pake trafo yg 24v untuk cas aki 12v

    BalasHapus
  4. AKI nya ngga akan jebol kan

    BalasHapus
  5. Maksudnya kalau 24v bisa untuk cas 2 aki sekaligus, elkonya harus ganti yg lebih besar mis. 50v.

    BalasHapus
  6. Kebesaran itu mas, maksimal 15v aja

    BalasHapus
  7. Klw diodanya pake yang dioda bridge 35 ampere ataw dioda tunggal 6a10...
    Maaf mas bnyak nanya alnya masih awam untuk buat ngerakit

    BalasHapus
  8. permasalahan anda pakai trafo ct untuk bridge, gabungkan dulu dioda 6A10 nya (2 buah), ct tetap menjadi (-)

    BalasHapus
  9. Muhammad Amirudin3 November 2015 08.57

    terima kasih atas pembelajarannya.........

    BalasHapus
  10. Haldis Gunawan3 November 2015 17.03

    Klo tuk charger aki 6v bisa ga kang..trims

    BalasHapus
  11. kalau pada trafo sekundernya ada tertulis 6 volt silahkan di geser aja ke 6V (contoh rangkaian No 3)

    BalasHapus
  12. Haldis Gunawan3 November 2015 18.46

    Terimakasi atas penerangany satu lg gan mw tny klo yg di rangkaian otomatis charger bisa ga tuk charger aki 6v jg..klo bisa perlu ditambhin lg ga rangkaian..trims

    BalasHapus
  13. bisa aja gan, dan memang perlu penambahan rangkaian pendukungnya (pembagi tegangan/penurun tegangan) namun biasanya dengan rangkaian penurun tegangan output keluarannya akan lebih kecil arusnya dan menjadi tidak sesuai dengan yang diharapkan, oleh karena itu biasanya untuk membangkitkan arus menjadi kembali tinggi digunakan transistor penguat arus.

    BalasHapus
  14. Haldis Gunawan4 November 2015 00.07

    Berarti ga bs multi charger dunk.. tlg dunk gan diksh skema biar bisa multi ..trims

    BalasHapus
  15. Mw tny mas..klo trafo ct 1A input 15v biar output 12v brp ya nilai resistory n brp nilai diode setelah out dr trafo..dan bisa ga trafo ct outputy dibagi 2 tegangan 12v dan 15v

    BalasHapus
  16. Bisa saja, namun agan rangkai dulu PS nya setelah jadi otuput PS nya baru dibuatkan pembagi tegangan menjadi tegangan 12V dan 15V.

    BalasHapus
  17. Sdh pasti oke itu ya mas..Mau tanya mas.. Hehe maklum Masih belajar juga ne.. Klo mau nambah lampu agar bisa tau kondisi aki terisi full atau tidak gimna mas..?

    BalasHapus
  18. biasanya pemasangan lampu memanfaatkan rangkaian kontrol arus mas tapi, coba mas survey dulu di google, Karena yang kita tau, jika aki dalam keadaan minim atau kososng arusnya maksimal, dan jika full arusnya menjadi nol, dan ini bisa dimanfaatkan untuk dibuatkan rangkaian kontrol arus, yang biasanya menggunakan relay untuk menyalakan lampunya, namun perlu diingat agar lampu terus menyala (jika aki full) source lampu harus dari tegangan lain selain aki tersebut. Makasih mudah2an paham ya hehe

    BalasHapus
  19. Oke mas.. Tapi itu aman aj yaa. Hehe maklum mas masih belajar..



    Dikirim dari ponsel cerdas Samsung Galaxy saya.

    -------- Pesan asli --------
    Dari: Disqus
    Tanggal:05/12/2015 9:35 PM (GMT+08:00)
    Ke: ablehdoank94@gmail.com
    Cc:
    Subjek: Re: Comment on Belajar Cara membuat Cas Aki

    "biasanya pemasangan lampu memanfaatkan rangkaian kontrol arus mas tapi, coba mas survey dulu di google, Karena yang kita tau, jika aki dalam keadaan minim atau kososng arusnya maksimal, dan jika full arusnya menjadi nol, dan ini bisa dimanfaatkan untuk dibuatkan rangkaian kontrol arus, yang biasanya menggunakan relay untuk menyalakan lampunya, namun perlu diingat agar lampu terus menyala (jika aki full) source lampu harus dari tegangan lain selain aki tersebut. Makasih mudah2an paham ya hehe" Settings A new comment was posted on Pasang Kabel Naruto 899 biasanya pemasangan lampu memanfaatkan rangkaian kontrol arus mas tapi, coba mas survey dulu di google, Karena yang kita tau, jika aki dalam keadaan minim atau kososng arusnya maksimal, dan jika full arusnya menjadi nol, dan ini bisa dimanfaatkan untuk dibuatkan rangkaian kontrol arus, yang biasanya menggunakan relay untuk menyalakan lampunya, namun perlu diingat agar lampu terus menyala (jika aki full) source lampu harus dari tegangan lain selain aki tersebut. Makasih mudah2an paham ya hehe 8:35 a.m., Saturday Dec. 5 | Other comments by Naruto 899 Reply to Naruto 899 Naruto 899’s comment is in reply to Ableh Doank: Sdh pasti oke itu ya mas..Mau tanya mas.. Hehe maklum Masih belajar juga ne.. Klo mau nambah lampu agar bisa tau kondisi aki terisi ... Read more You're receiving this message because you're signed up to receive notifications about replies to ablehdoank. You can unsubscribe from emails about replies to ablehdoank by replying to this email with "unsubscribe" or reduce the rate with which these emails are sent by adjusting your notification settings.

    BalasHapus
  20. segala sesuatu itu harus dilakukan dan di coba, istilah kerennye "trial and error" ya gan... tapi harapan saya semoga tidak error melulu, hehehe

    BalasHapus
  21. Aslim titik3 Mei 2016 20.27

    Bang mau tanya
    Saya sudah coba merakit seperti gambar sudah ok,tp setelah saya pasang ammeter,arus tegangan nya melemah dan saya cek pake multimeter tegangan nya 13,85 apakah ini udah normal...tlng pencerahan nya gan

    BalasHapus
  22. jika mengisi arus (ammeter) akan melemah sampai mendekati titik 0, berarti proses pengisian normal.

    BalasHapus