Cara instalasi eQSO RF Gateway

Istilah Gateway eQSO RF

eQSO RF Gateway adalah sistem komunikasi yang dibangun untuk memperluas layanan komunikasi RF (contoh Amatir Radio atau dapat dikembangkan untuk penggunaan lainnya). Keterbatasan wilayah jangkauan penerimaan dan penyebaran informasi dalam satu komunitas tertentu memungkinkan untuk dibangun sistem telekomunikasi melalui interface antara Stasiun komunikasi RF dengan Jaringan Internet dengan nama Gateway RF eQSO. eQSO RF Gateway merupakan istilah yang digunakan oleh komunitas (Organisasi) Amatir Radio di Indonesia yang secara resmi dapat dengan legal digunakan sesuai Permen Kominfo 33 Tahun 2009 tentang Penyelenggaraan Amatir Radio.  Dengan menyesuaikan perkembangan jaman termasuk juga berkembangnya tekhnologi yang selalu dikembangkan oleh Amatir Radio maka di era Digital yang notabene menggunakan sarana Online (Internet) hal tersebut bukan tidak mungkin dapat terwujud dan ternyata sudah kita nikmati hasilnya sekarang ini yaitu bahwa komunikasi menggunakan gelombang RF yang kadang terbatas kini dengan kolaborasi yang tepat dengan kombinasi antara RF dan Online jangkauan layanan menjadi tak terbatas.

Cara kerja  sistem Gateway eQSO  RF

Sebagaimana penjelasan pada paragraf pertama bahwa sistem jaringan komunikasi yang semula terbatas maka dengan bantuan antarmuka menjadi Jaringan Online yang kemudian dipancar ulang menggunakan stasiun pancar ulang (Repeater) di lokasi lainnya ternyata itu dapat dengan mudah terwujud.
Bahwa cara kerja Gateway eQSO RF to Online ternyata dapat diterapkan dengan sangat sederhana dan bahkan calon klien dapat merakit alat tersebut sendiri. Keuntungan lainnya adalah  sudah banyak dibangun Server  untuk membackup dan dapat beroperasi dengan maksimal guna meyediakan layanan eQSO. Sehingga kita sebagai calon klien tidak dipusingkan hanya tinggal menyediakan sendiri layanan internet dalam rumah tentunya harus tersedia PC yang memadai paling tidak sekelas minimal P4 layanan tersebut sudah dapat kita nikmati.

Untuk dapat membuat jaringan eQSO RF Gateway tentunya selain Internet dan sebuah PC tentu kita memelrlukan alat yang namanya Digital Interface yang bekerja sebagai jembatan penghubung antara HT atau Rig ke PC kita. Stasiun Pancar kita berupa Rig atau HT beserta Antena Outdoor adalah sebagai stasiun RX/TX untuk penggunaan komunikasi lokal dimana kita berdomisili yang berhubungan dengan komunitas lokal (terbatas), sedangkan koneksi Online (internet) adalah untuk menjembatani komunikasi lokal kita ke wilayah yang lebih luas dan jauh bahkan ke berbagai negara. untuk itulah diperlukan interface. Interface ini dapat kita rakit sendiri.

Sama seperti saat kita hendak bergabung dalam komunitas radio amatir, maka kita perlu meregistrasi keberadaan kita, nah begitu juga pada jaringan online maka untuk dapat bergabung pada komunikas eQSO kita perlu registrasi terlebih dahulu. Registrasi memerlukan software khusus eQSO tentunya anda bisa dapatkan di layanan eQSO dan jika sudah lengkap anda hanya tinggal meinstal dan melakuakn registrasi dengan syarat interface tersebut harus sudah terinstalasi sempurna beserta jaringan internet yang cukup bagus.
Berikut saya coba gambarkan ilustrasi diagram penggunaan gateway eQSO RF.
Sistem Komunikasi eQSO RF Gateway
Sistem Komunikasi eQSO RF Gateway

Interface Gateway eQSO RF yang dapat anda rakit sendiri
Interface HT to PC via RS232
Interface HT to PC via RS232

Instalasi Peralatan Gateway  eQSO pada PC (berikut ilustrasi instalasi Gateway Interface) :
Instalasi Gateway eQSO untuk klien
Ilustasi Instalasi Gateway eQSO untuk klien 


23 Comments