Membuat Satu Charger untuk Banyak hape (Power Charger Terminal)

Charger hape Cepat Rusak 

Charger hape yang sudah rusak mempersulit aktifitas sehari-hari apalagi jika anda orang yang aktifitasnya tinggi dan bekerja selalu menggunakan hape, Sedangkan jika di rumah anda harus bergantian dengan sesama menggunakan charger hape. Charger HP dengan harga murah  dan bekualitas rendah biasanya cepat rusak namun pada umumnya karena kerusakan konektor kabel USB. Biasanya konektor charger hape cepat mengalami kerusakan disebabkan seringnya digunakan berlebihan, charging sambil memainkan hape, bahkan suka tidur sambil memegang hape yang mengakibatkan kabel usb atau kabel charger mengalami perlakuan kasar tanpa kita sadari, Kebiasaan tersebut biasanya membuat kabel charger cepat mengalami kerusakan karena tertindih badan atau terbelit-belit selama kita tidur, sama halnya ketika dicharge sambil digunakan membuat kabel bergoyang/bergerak atau ditarik-tarik.

Anda tentu pernah melihat di ruang tunggu penumpang, contoh di bandara atau dihalte tertutup bus antar kota, disana banyak ditemukan terminal charger hape bagi penumpang. Namun terminal charger tersebut hanya menyediakan stop contact listrik bukan charger langsung bukan?. Nah ada sedikit ide bagaimana jika terminal charger tersebut kita buat sendiri untuk di rumah namun yang ini anda hanya tinggal menyediakan kabel usb (kabel chargernya saja).

Cara membuat terminal charger hape 

Saat ini sudah banyak usb terminal atau USB Hub dijual ditoko-toko komputer, jenisnya macam-macam dan sangat unik menarik, USB Hub ini fungsinya dapat manjadi charger HP dengan memanfaatkan tegangan +5v yang terdapat pada pin usb tersebut sekaligus sebagai transfer data. Namun ada yang khusus untuk charger Hape saja seperti contoh gambar berikut :

USB Charger
Usab Charger

Charger Hape menggunakan Power Supply Komputer bekas 

Dibuat menggunakan PSU Komputer seperti ini :
cara jumper PSU Komputer untuk charger hape
Instalasi dan Jumpering 
Siapkan PSU PC bekas namun masih bisa digunakan terutama tegangan +5V nya harus masih aktif.
Seperti yang sudah saya jelaskan pada artikel sebelumnya di SINI agar Power supply dapat bekerja kita harus melakukan dan membuat beberapa jumper yaitu jumper kabel warna abu-abu (Grey) dengan kabel merah (red), jumper ini dimaksudkan agar PSU dapat menyala continue. Jumper satunya adalah untuk menghidup matikan PSU (power ON) yaitu dengan membuat switch dari kabel Hitam (black) dan Hijau (green).

Agar PSU terlihat rapi tanpa kabel-kabel yang menyeruak diluar, buka PSU dan potong kabel-kabel berwarna tersebut hingga mendekati papan PCBnya atau lepas saja menggunakan solder. Antisipasi pada kabel dengan warna Biru, Orange, Kuning, violet pink, maupun abu-abu sisakan seukuran 3 cm dan dibiarkan tegak berdiri didalam chasing PSU. untuk kabel warna abu-abu kupas ujung kabelnya sedikit untuk di satukan dengan kabel merah (+5V) dan kabel Hijau disambung ke Switch PSU bersama kabel hitam (gnd).

Sisakan kabel merah dan kabel hitam untuk supply ke kabel usb, dapat disambung didalam chasing atau bisa juga dikeluarkan saja baru kemudian di lakukan sambungan di luar chasing. Dengan charger hape seperti gambar di bawah ini anda tidak perlu khawatir chargernya akan menjadi panas, namun yang perlu anda perhatikan adalah dengan mengganti kabel bawaan usb hub ini dengan kabel berukuran sedang sehingga charger ini dapat digunakan untuk banyak hape sekaligus.

Previous
Next Post »

17 komentar

  1. setelah di klik tiga baris di kanan atas tetapi tidak bisa masuk ke setting gan, gimana lagi ya, saya hampir frustasi.. hiks...hiks..hikss...

    BalasHapus
  2. ubah bahasanya dulu ke Id... atau reset dulu komputernya dan masuk kembali

    BalasHapus
  3. coba di cara pertama dulu, masuk ke windows task manager

    BalasHapus
  4. makasih sangat membantu, jadi nambah pengetahuan.

    BalasHapus
  5. antena analog nya harus di pasang ya kalo pake alat ini, apa bisa gak usah di pasang

    BalasHapus
  6. pasang pada modulatornya saja, gan. ga dipasang juga ga apa

    BalasHapus
  7. untuk menonton dengan banyak kanal seharusnya dipasang om, soalnya keluaran av dari receiver hanya untuk tv induk saja, siaran parabola tetap mengikuti kanal yg sedang ditonton TV utama. maaf ini jawaban tambahan saya.

    BalasHapus
  8. Romi H. Saputra28 April 2016 13.52

    Gan, saya install tv berbayar di rumah dgn system decoder/receiver.. jika saya ingin paralel ke tv kedua dan saya bisa nonton channel yg berbeda dgn tv utama gmn caranya ya Gan ? Trimakasih.

    BalasHapus
  9. Ga bisa mas.. karena 1 dekoder untuk 1 tv saja, pesan langsung ke penyedia layanan tv berbayar untuk dipasangkan LNB combo, dan tentunya tv keduanya harus kapai receiv/decoder juga. Makasih

    BalasHapus
  10. Romi H. Saputra29 April 2016 21.08

    Memang ditawarkan LNB untuk dua receiver/decoder.. tp saya penasarana Mas, kami sebelumnya pelanggan tv kabel, tp siarannya kebanyakan orange tv. Hal sperti itu yg ingin saya aplikaaikan di rumah. Apa ada alat yg mengkonversi siaran digital ke mhz jd tinggal pakai splitter dech ke tv yg lain (seperti halnya tv kabel langganan kami). Trimakasih.

    BalasHapus
  11. tv kabel bisa di tuning pakai tunernya RF TV, yang frekuensi masing2 kanal berasal dari
    banyak parabola dan receiver induk yg digabung menggunakan combiner dan di distribusikan menggunakan booster (biasanya nagkring di tiang listrik) Nah prinsipnya akan seperti itu, Itulah sebabnya sebuah stasiun TV kabel bisa memiliki ratusan Receiver, puluhan combiner dan Parabola.

    BalasHapus
  12. Romi H. Saputra4 Mei 2016 01.11

    Oke Gan, sudah paham ni.. trimakasih sharingnya..

    BalasHapus
  13. Gan saya mau sambungin tv saya ke proyektor buat nobar. Tapi tv saya ga da video outnya. Itu gmna gan caranya supaya tetap bisa konek ke proyektor? Makasih....

    BalasHapus
  14. Ga perlu dari TV gan langsung dari output receiver nya aja sedangkan buat suarannya tinggal dicolokin ke pengeras suara atau speaker aktif, jika ingin digunakan buat nonton tv juga gunakan konektor pencabangan video. banyak dijual di toko..

    BalasHapus
  15. sayang jika buat nobar sinyal TV nya dari Antenna Analog, mestinya dari antena parabola atau TV digital.

    BalasHapus