Modifikasi Dish Offset lebih dari satu LNB

Dish Offset menggunakan Banyak LNB

Mengapa dish antena offset memiliki LNB dengan posisi miring (tidak di tengah), hal ini disebabkan dish offset dirancang untuk jenis dish yang mini/kecil dan agar wadah dish yang kecil ini menjadi lebih efesien lagi maka di permukaan dish dibuat bebas halangan baik dari penyangga maupun halangan dari LNB nya sendiri sehingga akan terlihat lebih efesien. itu menurut saya. Maka dengan berbekal teori sudut pantul dan fokus (parabola) maka dish offset yang sekarang banyak digunakan di indonesia untuk penerimaan TV siaran satelit berbayar seperti Telkomvision, Indovision, Orange TV, Yess TV dan lain-lain yang sudah tak terpakai dapat kita manfaatkan. Namun hal tersebut tidak berarti  kita tidak bisa menambahkan LNB tambahan, dimana dengan meletakkan LNB tambahan kita masih dapat menerima satelit lain, tak ubahnya seperti jika kita menggunakan dish prime fokus.

Banyak kalangan dari pencinta parabola melakukan modifikasi dengan menambahkan beberapa LNB di dalam satu dish offset dan seperti kita ketahui hal tersebut berhasil dengan  sangat memuaskan.

Cara menggabung LNB pada Dish Offset

Berikut saya coba buat gambar contoh modifikasi penambahan LNB  pada antena parabola dish offset untuk menerima lebih dari satu satelit, yaitu untuk menerima satelit Telkom1/Ses7 dan Satelit Measat3 (Malaysia) :

Mengabung LNB pada dish Offset


Buat jarak titik fokus antar LNB tersebut sepanjang 15 cm, jangan kurang atau lebih. posisikan Konektor kabelnya ke arah Utara untuk LNB Ku Band dan untuk LNB C Band sudah ada penjelasannya pada artikel PASANG KABEL. Jangan lupa gunakan multiswitch untuk menggabung LNB tersebut dan arahkan Dish ke Barat. Perlu di ingat yang harus dicari terlebih dahulu adalah Satelit Telkom1 (LNB paling bawah) dan melepas kabel coax LNB atas, baru kemudian mencari Satelit Measat3 dengan memasang kabel coax LNB bagian atas dan melepas coax LNB bagian bawah, maksudnya untuk memudahkan saja. 

Berikut ilustrasi penerimaan satelit Telkom1/SES7dan Measat3 :

Menerima Satelit Telkom1/SES7 pada dish OffsetPenerimaan Satelit Measat3 pada Dish Offset

Pemasangan LNB tidak terbatas hanya pada jenis LNB Ku Band saja, namun anda dapat memasang jenis LNB yang lain seperti LNB S Band (yang biasa untuk penerimaan Indovision) maupun LNB C Band yang biasa dipakai secara umum. Terima kasih sudah membaca. Semoga sukses menyertai Anda hari ini. Baca juga Cara Menghindari Genangan Air pada dish Parabola offset.
Previous
Next Post »

19 komentar

  1. PCB : Printed Circuit Board (Papan sirkit untuk merangkai dan buat nacepin Komponen Elektronika)

    BalasHapus
  2. tanya
    1. bedanya kalo pake trafo yang 1 amper sama 5 amper apa?
    2. dibanding inverter yang buatan pabrikan tapi murah semacam tbe dll mending mana?

    3. bisa bantu rakit nanti dikasih biayanya? mau pake aki 100ah, jadi inverter sekalian charger akinya, bisa? disini listrik sehari bisa 2x mati.

    thanks

    BalasHapus
  3. 1. Ampere Trafo mempengaruhi beban ( output inverter dan Aki) semakin besar trafo semakin besar akinya atau menyesuaikan atau trafo akan menjadi cepat panas, 2. Inverter pabrikan juga bagus justru watt outputnya sudah ditentukan dan pastikan beban pemakaian tidak melebihi yang tertera pada inverter. 3. Saya tidak merakit gan,hanya menulis artikel. mhn maaf.

    BalasHapus
  4. Wahyudi Kurniawan13 Januari 2016 15.37

    Klo misal hasil keluaran 220v tak kasih adaptor AC ke DC trus disambungkan ke "aki" (seolah2 ada dari aki) trus akinya dicopot, mungkin tidak, seperti siklus yg tak pernah habis? (DC ke AC ke DC trus demikian)

    BalasHapus
  5. Ga bisa gan, siklus harus terpisah dan terputus, sebagaimana hukum kekekalan energi... bahwa Energi itu tidak bisa menciptakan energi itu kembali apalagi energi yang diciptakan oleh manusia. Contoh bahwa arus akan dapat mengalir ke tempat yang lebih rendah/kecil dari sumbernya, bukan kebalikannya. Contoh sederhana lagi Kucing akan menjerit (meong) apabila ia menggigit ekornya sendiri, hehehe

    BalasHapus
  6. Bisa beli rangkaian yang udah jadi nomor 1 gak gan?? Kontak 081349735436 trima kasih..

    BalasHapus
  7. Contoh aki 100Ah keluaran 12vDC, berarti 1.200 watt. Jikalau Mesin cuci inputnya 220 AC dan 100 watt. Kira kira aki-aki berapa lama habisnya ya?

    BalasHapus
  8. saya ga jual gan, maaf ya

    BalasHapus
  9. kira2 aja gan anggap aja 2 kali nyuci pakaian akinya udah drop, tapi lumayan tuk hemat tenaga. hehe

    BalasHapus
  10. bisa aja bro tergantung ketersediaan wadah dish, nanti kalau kebanyakan LNB sinyal dari satelitnya malah terganggu. disarankan gunakan banyak dish.

    BalasHapus
  11. Gan... Kira kira harga semua bahan dari skema no 1 berapaan...
    Makaseh sebelumnya

    BalasHapus
  12. 50 rb an

    BalasHapus
  13. andrian muhamad2 Juni 2016 23.22

    Gan mau tanya dong. Soal resistor nya kan 2 kaki. Itu bisa di bolak balik pemasangan nya ap tidak?
    Terimakasih gan.

    BalasHapus
  14. Azhar Abrori22 Juli 2016 05.20

    Skema nomor 1 untuk aki kering atau aki basah yahh gan...??

    BalasHapus
  15. kering dan basah

    BalasHapus
  16. bolak balik bisa

    BalasHapus
  17. Bastian Tambun10 Agustus 2016 23.42

    saya mau masang 2 receiver untuk 1 lnb Sband. apa" saja yang dibutuhkan gan ?

    BalasHapus
  18. Agan membutuhkan LNB Sband combo (2 output RF)

    BalasHapus
  19. mas saya mau coba modif dish bekas big tv, posisi skrg sudah saya pakai untuk lock ninmedia, rencana mau saya gabung dgn asiasat 5 C Band, mohon penjelasan letak lnb dan jaraknya, terima kasih...

    BalasHapus