Permasalahan Pompa air, Air susah mengalir

Menurut pengalaman, baik dari tetangga sebelah kiri, tetangga sebelah kanan, tetangga sebelah depan maupun tetangga sebelah belakang. Dan tak ketinggalan tetangga Gang sebelah juga ikut hadir memberikan masukan mengenai masalah sedot-menyedot  dan pompa-memompa, dorong-mendorong maupun hisap-menghisap air. Baik Air dari sumber sumur/telaga maupun yang berasal dari air instan PDAM di daerah masing-masing. Namun masalah ini hanya khusus diperuntukkan bagi yang kesulitan dengan masalah air saja, yang ga punya masalah silahkan duduk manis sajalah berarti airnya lancar jaya.

Pasang Pompa Air
Instalasi Pompa Air 


Ada beberapa masalah yang biasa kita temui sehari-hari sebagai berikut :

Masalah sumber air yang terlalu kecil 

Yang selalu menjadi masalah dalam mengalirkan air baik air sumur maupun air PDAM adalah sumber air yang terlalu kecil (PDAM) dan jika dari sumur adalah air yang sulit naik sampai ke pompa air. Berikut beberapa solusi berdasarkan pengalaman para tetangga :

Kebocoran pipa pvc paralon bagian hisap
Jika anda menggunakan pompa air dengan sumber air yang kecil, hal ini jangan sampai terjadi, semakin kecil sumber air maka kemungkinan udara masuk dibagian pipa hisap akan lebih besar yang mengakibatkan gangguan pada proses penghisapan air.

Pipa bagian hisap lebih besar dari pipa bagian dorong
Pipa di bagian hisap atau yang berhubungan langsung dengan sumber air masuk juga harus menjadi perhatian sodara-sodara bahwa antara pipa hisap dan pipa dorong harus beda ukuran jika sumber air benar-benar kecil dan susah untuk dihisap oleh pompa air. Gunakan pipa hisap yang lebih kecil dari pompa dorong, ini akan membantu pompa untuk melakukan proses hisap dari sumber air yang kecil.

Jarak permukaan air dengan pompa terlalu jauh
Selain harus mengecilkan pipa bagian hisap anda juga harus memperhitungkan jarak permukaan air dengan pompa air, hal ini sangat penting terutama dalam membeli pompa air yang sesuai dengan kondisi sumber air yang akan di sedot, semakin kecil tenaga pompa semakin sulit sumber air sumur yang dalam untuk disedot ke permukaan.

Masalah Pompa Air 

Pompa air normal namun air keluar terlalu kecil, bukan merupakan masalah pompa air. Ada juga masalah Pompa air selalu hidup mati berulang ini juga disebabkan oleh kobocoran pipa pvc paralon dibagian dorong, atau dibagian persambungan antar pipa maupun sambungan pipa dan keran atau malah kerannya yang kurang baik atau sambungan yang tidak diberikan lapisan isolatif  paralon.

Nah ada juga suara bising/keras pada pompa air karena tidak ada air dalam pompa sehingga pompa akan panas dan cepat rusak, termasuk pula salah pasang bagian hisap dan dorong akan mengakibatkan air bingung mau mengalir kemana (mau mundur atau maju). dan yang terlebih penting lagi usahakan cek bagian masuk sumber air baik di bagian masuk pompa maupun dibagian masuk meteran PDAM biasanya ada sampah dibagian masuk meteran PDAM yang menyumbat air. Jika hal tersebut sudah anda curigai segera sampaikan keluhan ke petugas PDAM dan jangan main lepas sendiri, sebab dibagian meteran air biasanya dilengkapi dengan label bersegel yang tidak boleh rusak.

Baca juga Modifikasi Mesin Pompa Air menjadi Otomatis

Previous
Next Post »
0 Komentar