Membuat Charger Handphone Mobil yang handal dan stabil

Rangkaian Charger Handphone Mobil 

Skema ini ditujukan untuk membuat battery charger handphone (hp) atau perangkat sejenisnya yang membutuhkan tegangan 5VDC output jenis USB untuk mengisi battery handphone, dibuat dan digunakan khusus dalam mobil atau dengan kata lain sumber dayanya adalah accu mobil langsung menggunakan colokan cigarette lighter. Yang menarik adalah adanya regulator switching dengan sebuah chip regulator linear, regulator switching pada rangkaian ini yang cukup membantu dalam mengatasi timbul panas berlebihan, ketersediaan arus juga sangat mumpuni hingga 3A dan dapat dibebani dengan input berlebih hingga 40VDC sehingga regulator switching tersebut betul-betul membantu dan sangat aman digunakan dalam perjalanan. 
Skema rangkaian charger HP Mobil
Skema Rangkaian Charger HP untuk Mobil
Daftar Komponen :

IC1: LM2596T-5.0*
D1: 1N5408
D2: 1N5824*
LED1: 5mm Merah
LED2: 5mm Hijau
L1: 33uH/3Amp* – di desain oleh "National" 150KHz Simple Switcher
C1: 100nF
C2: 470uF/25V* – Low ESR Aluminium Electrolytic Capacitor
C3: 220uF/25V* – Low ESR Aluminium Electrolytic Capacitor
R1: 1K ¼ w
R2: 470R ¼ w
S1: SPST on/off switch
J1: DC socket
J2-J3: USB (A) sockets
F1: sekering 4A

Komponen dengan tanda bintang adalah komponen utama (penting)

Cara Kerja Skema Charger HP Mobil : 

Tegangan DC dari baterai mobil masuk melalui soket input (J1) Cigarette Lighter. Fuse (F1) dan dioda (D1) merupakan komponen pelindung dari polaritas/arus yang salah arah dan kapasitor (C1) adalah elemen untuk perata denyut. Ketika switch (S1) diaktifkan ke posisi on, sumber input ini disebarkan ke seluruh rangkaian, dan indikator daya (LED 1) dari input akan menyala.

Regulator Switching dibuat menggunakan IC LM2596, dengan presisi monolitik guna melakukan step-down (buck) regulator switching, IC ini mampu bekerja dengan beban 3A dengan sangat baik.
Regulator ini beroperasi pada frekuensi switching 150 kHz sehingga hanya butuh komponen filter berukuran kecil dan dengan frekuensi yang lebih rendah.
Dengan output 5V yang stabil LM2596T-5.0 perlu diingat Output yang tersedia sangat tergantung pada kualitas induktor lilitan (L1) dan kapasitor(C3). Namun tidak hanya itu arus dc dan nilai resistensi juga sangat penting untuk diperhatikan. Untuk kapasitor, gunakan ESR rendah. LEd Hijau (LED2) adalah dipasang untuk indikator daya output. Anda juga dapat membuat output menjadi dua buah usb. Terminal USB DP dapat digunakan untuk menjalankan gizmos usb non-standar seperti usb lampu baca, pemanas, lemari es, dll. Dan DCP sebagai sebuah cadangan untuk pengisian perangkat usb standar termasuk ponsel atau tablet. Jumper JP1 dan JP2 merupakan jumper cadangan untuk rangkaian tambahan. Sedangkan standard (default) jumpernya adalah pada pin 2 dan 3.

Contoh Modul Charger HP Mobil (USB)
Modul USB Charger Mobil yang sudah jadi
Contoh Modul USB Charger Mobil yang sudah jadi
Baca Juga : Membuat Satu Charger HP untuk Banyak HP
                  Membuat Power Bank  di Sepeda Motor
Previous
Next Post »
0 Komentar