Cara Menyambung dan Menginstalasi Genset menjadi Genset Otomatis

Sebagaimana postingan terdahulu dengan judul CARA PASANG SAKLAR GENSET OTOMATIS, sepertinya banyak juga yang penasaran bagaimana cara menyambung atau meng-Instalasi Genset tersebut menjadi sebuah Panel Listrik otomatis antara Generator Set (Genset) dan Jaringan dari PLN tentunya Genset dimaksud adalah jenis elektrik starter yang menggunakan aki untuk menyalakannya, Sehingga dengan maksud agar perpindahan antara PLN ke Genset atau sebaliknya menjadi otomatis sehingga kita dapat menyebut genset rakitan sendiri ini menjadi Genset Otomatis jika dari postingan terdahulu memang saya belum begitu berani memberikan contoh skema bagaimana memasang Genset Rumah ini menjadi lebih efektif, efesien bahkan menjadi otomatis,

contoh genset starter elektrik
Generator Set Electric Starter
Namun kali ini saya coba memberikan skema cara pemasangan saklar otomatis yang saya coba rancang sendiri menggunakan 2 Relay yang sama seperti gambar sebelumnya (lihat gambar dibawah ini), dan untuk relay anda memerlukan relay yang sama pula:

Skema dasar saklar genset otomatis
Gambar Saklat Genset Otomatis pada postingan pertama
Cara Menyambung / Instalasi Genset Rumah menjadi Genset Otomatis
Nah berikut saya coba membuat skema saklar genset otomatis dengan dasar yang sama namun diperlukan 1 buah lagi relay sehingga menjadi 2 buah relay. Dapat saya jelaskan disini bahwa relay ke dua (R2) merupakan relay untuk membantu switch S1 (R1) agar dapat memutus hubungan accu (aki) saat genset sudah dalam keadaan atau berhasil menyala. Pada saat Genset menyala maka akan membangkitkan tegangan 220V yang sama dengan ketika PLN menyala. Tegangan dari genset inilah yang dimanfaatkan oleh relay (R2) untuk mengubah posisi normalnya untuk berpindah ke posisi ON sehingga pada posisi ini akan memutus hubungan antara Accu dan Starter Genset, Maka selama genset menyala Switch starter genset akan terputus sehingga starter genset anda akan aman. Berikut Gambar Skema (diagram) yang saya coba rekayasa sendiri. Namun saya ingatkan untuk memahami terlebih dahulu skema diatas, siapa tahu anda mempunyai ide yang lebih baik lagi, dapat share ilmunya melalui komen yang sudah disediakan dibawah. 

Saklar Genset Otomatis menggunakan 2 buah Relay
Skema Saklar Genset Otomatis dengan 2 buah relay by Pasang Kabel
Agar tampak Jelas Silahkan Anda perbesar gambarnya
Harap diperhatikan :
  1. Pemasangan tegangan 220v pada Relay 2 boleh bolak balik, itu hanya untuk mempermudah gambar.
  2. Pasang Kabel switch dari relay tadi ke Genset, cari push switch pada genset (biasanya switch jenis reset switch) yang terhubung ke starter genset. 
  3. Tegangan 220V untuk Relay 2 harus dari output Genset atau diambil dari S3 (pin 5 R1).
  4. Anda boleh mengambil S1 atau S3 pada Relay 2 untuk dijadikan saklar (fungsinya sama) 
  5. Buatlah sesuai dengan skema diatas jangan mencoba mencoba kaki relay lainnya, yaitu anda harus menggunakan kaki Relay 2 ( S1= pin 1 dan 4) dan (S3= pin 5 dan 8) jika salah menempatkan / menggunakan pin (kaki) maka resiko ditanggung sendiri :)
  6. Ingat ini hanya untuk menghidupkan genset secara otomatis, dan genset akan terus menyala walaupun PLN sudah menyala. Tunggu postingan berikutnya tentunya dengan topik "Cara mematikan genset otomatis saat PLN menyala". Ini menjadi sebuah PR bersama bagaimana memanfaatkan S1 pada Relay 2 tersebut guna dijadikan switch untuk mematikan Genset anda.
  7. Untuk sementara rangkaian pembuatan panel listrik dengan relay seperti gambar diatas masih dapat kita kreasikan lagi dengan penambahan panel lampu indikator sumber PLN dan 1 buah Alarm (buzzer) 200VAC. Khusus buzzer atau alarm akan menyala bersamaan dengan lampu indikator panel saat Sumber dari PLN sudah menyala dengan memanfaatkan Relay no.2 sehingga kita langsung tahu dan segera mematikan genset. Lihat gambar berikut : 
Genset Otomatis untuk Rumah dengan Alarm dan Lampu Indikator
Instalasi Genset Otomatis untuk Rumah dengan Alarm dan Lampu Indikator
Demikian info mengenai Cara Menyambung dan Menginstalasi Genset menjadi Genset Otomatis, Saya tidak berharap anda mencoba dan menerapkannya dirumah dengan beban pemakaian listrik tinggi, Namun ini hanya sekedar berbagi informasi, Jika masih ragu dengan pemasangan Genset Otomatis di atas anda dapat melanjutkan membaca Memasang Timer pada Instalasi Genset Otomatis
semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. o.k mas bro,saya ucapkan terimakasih atas jawabannya, saya merasa sangat terbantu.

    BalasHapus
  2. Saat PLN mati dan Genset nyala otomatis, maka akan ada proses start up genset menuju tegangan genset = tegangan PLN. yang saya tanyakan apakah saat proses start up tersebut tegangan genset sudah mulai muncul perlahan dari minimum sampai 220 V ? karena jika jawabanya iya maka saya khawatir peralatan elektrinik rumah yang disupply genset pada proses start up menjadi rusak karena under voltage walaupun sesaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anda dapat memasang timer menggunakan relay dan switch contactor

      Hapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Bisakah saya dikirim contoh brosur atau cara pemasangan genset 750 kVA? Email ke : chimantech@gmail.com
    Terimakasih. Yos

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tidak memiliki brosur penggunaan spt agan minta, artikel diatas hanya sebagai dasar untuk dikembangkan ke masing-masing Genset. Makasih

      Hapus
  5. maaf mas....
    tolong pada skema di atas di tambahin timer dan contaktor, saya ingin mempelajari ilmu anda dan saya ingin membuatnya.
    kalau sudah selesai kirim ke email saya alfaradisie@gmail.com

    atas kerja sama saya ucapkan ribuan terimakasih.

    BalasHapus
  6. terimakasih sharingnya gan. jika agan agan ada kebutuhan kabel lokal maupun impor bisa menghubungi saya di 081380562366 ato email ke aguss1979@gmail.com

    BalasHapus