Cara Mengganti Baterai Power Bank

Cara mengetahui baterai Power Bank soak

Untuk mengetahui Baterai Power Bank anda sudah soak dapat dilakukan dengan cara memperhatikan indikasi atau perilaku power bank anda, biasanya sering terjadi kejanggalan pada saat pemakaiannya.
Indikasinya dapat dilihat dari daya baterai yang lebih cepat habis saat digunakan atau saat melakukan charging memerlukan waktu lama namun ketika digunakan cepat habis.

Cara mengukur tegangan baterai Power Bank

Jika masalah diatas terjadi di power bank Anda, sebaiknya disarankan untuk mengetahui kondisi baterai power bank tersebut yaitu dengan melakukan pengukuran daya baterai defaultnya. Maksudnya adalah bagaimana cara mengetahui tegangan normal saat baterai terisi penuh dan padasaat baterai dalam kondisi habis. 

berikut cara yang mungkin dapat dipraktekkan sendiri oleh Anda di rumah :
  1. Buka chasing power bank anda
  2. Ukur tegangan menggunakan multimeter pada titik negatif dan positif keseluruhan tegangan, dengan terlebih dahulu melepas kutub positif dan negatif baterai (bagian ujung dan pangkal keseluruhan baterai saja).
  3. Pengukuran harus dilakukan pada saat kondisi habis atau dalam keadaan terisi full.
  4. Bandingkan hasil pengecekan Anda dengan beberapa teori pengisian daya baterai yang bisa Anda dapatkan di google. 
  5. Jika terdapat perbedaan antara teori dan hasil test dapat dipastikan baterai power bank Anda dalam keadaan tidak normal lagi. Biasanya baterai untuk konsumsi HP pada power bank berkisar maksimal (full) 4.2V dan minimum (lowbat) 3V, nah jika ternyata diluar daripada itu berarti baterai power bank Anda dalam keadaan sudah tidak baik.
Contoh Baterai Power Bank
Contoh Baterai Power Bank

Cara mengganti Baterai Power Bank

Sebelum melakukan penggantian baterai power bank,  sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis baterai Power Bank anda, baca Membuat Power Bank Sendiri, dengan membaca jenis baterai yang ada di body baterainya, jika tidak disertakan maka anda dapat menggantinya dengan jenis yang sesuai (recharged). Kebanyakan posisi baterai dalam power bank dipasang secara paralel, ini untuk menjadikan baterai mempunyai tegangan tetap dan memiliki daya berlipat. Penggantian baterai dapat dilakukan dengan cara melepaskan kabel kutub positif dan negatifnya saja dan menggantinya dengan kemasan yang sesuai (sama) namun jika dibeli terpisah anda harus cermat melakukan penyolderan kesetiap kutub masing-masing baterai karena jika tidak maka baterai tersebut malah menjadi rusak. Oleh karena itu pada saat penyolderan lakukan dengan cepat.

Previous
Next Post »

12 komentar

  1. Helboy Oktavianto22 Februari 2016 13.50

    S1 untuk 3 kemana ?
    Untuk 4 kemana?
    Untuk 1 kemana?
    Saya masih awam tolong jelas kan dong

    BalasHapus
  2. Switc S1 sebenarnya optional gan, bisa di pakai bisa juga tidak, atau bisa digunakan untuk peralatan lainnya yg memerukan switch otomatis misalnya Inverter. Jika genset memiliki starter elektrik, S1 bisa digunakan sebagai pemutus atau penyambung(on/off) Namun sebenarnya perlu tambahan lagi, karena ga mungkin S1 tersebut di posisi on terus Maka perlu pemutus lagi menggunakan Relay tambahan yang sumber tenaganya ialah dari keluaran Genset itu sendiri. Begitu pula pengoperasian genset, biasanya harus ada interval waktu buat Genset biar panas dulu sebelum dibebankan kerumah, nah untuk itu kita memerlukan alat tambahan lagi. Pada dasarnya artikel diatas adalah bentuk sederhana dari prinsip kerja sakelar otomatis untuk tegangan tinggi. Terima kasih.

    BalasHapus
  3. Helboy Oktavianto22 Februari 2016 18.12

    Saya mau pasang genset untuk di rumah gensetnya sudah ada auto setarnya boleh minta singel diagram nya ga supaya genset bisa nyalah dan mati tampa di starter manual .

    BalasHapus
  4. SAKLAR GENSET,apakah kabel dari aki menuju ke switch start ataukah sebaiknya kabel apakah untuk off genset bila pln nyala,trims.

    BalasHapus
  5. pertanyaannya sulit nih bro. hehe Maksudnya switch Start memang harus terhubung ke aki pada saat genset akan dihidupkan dengan bantuan relay sebagai switch otomatisnya (bukan manual lagi) maka fungsi S1 tadi sebagai pengganti tombol switch startnya Genset, semoga membantu

    BalasHapus
  6. peralatan udah siap, bantu diagram penyambungan saklar ke genset dong bro.. daripada tar salah sambung.

    BalasHapus
  7. saya coba reyasa sendiri Bro, lihat di postingan terbaru saya, hanya saya minta di analisa dulu baru dirakit. makasih

    BalasHapus
  8. saya coba dulu rekayasa sendiri Bro, lihat di postingan terbaru saya, hanya saya minta di analisa dulu baru dirakit. makasih

    BalasHapus
  9. oke sob,saya tunggu... jgn lama2 ya ,,,thanxz

    BalasHapus
  10. Silahkan di baca lagi postingan terbaru nya

    BalasHapus
  11. mukhlisin indah11 April 2016 09.09

    Om,tolong kirim via email dong,gambar rangkaian genset otomatis sama alat2 nya ke mukhlisin978@gmail.com

    BalasHapus
  12. ada kesempatan saya kirim, makasih

    BalasHapus