Cara Mengganti Baterai Power Bank

Cara mengetahui baterai Power Bank soak

Untuk mengetahui Baterai Power Bank anda sudah soak dapat dilakukan dengan cara memperhatikan indikasi atau perilaku power bank anda, biasanya sering terjadi kejanggalan pada saat pemakaiannya.
Indikasinya dapat dilihat dari daya baterai yang lebih cepat habis saat digunakan atau saat melakukan charging memerlukan waktu lama namun ketika digunakan cepat habis.

Cara mengukur tegangan baterai Power Bank

Jika masalah diatas terjadi di power bank Anda, sebaiknya disarankan untuk mengetahui kondisi baterai power bank tersebut yaitu dengan melakukan pengukuran daya baterai defaultnya. Maksudnya adalah bagaimana cara mengetahui tegangan normal saat baterai terisi penuh dan padasaat baterai dalam kondisi habis. 

berikut cara yang mungkin dapat dipraktekkan sendiri oleh Anda di rumah :
  1. Buka chasing power bank anda
  2. Ukur tegangan menggunakan multimeter pada titik negatif dan positif keseluruhan tegangan, dengan terlebih dahulu melepas kutub positif dan negatif baterai (bagian ujung dan pangkal keseluruhan baterai saja).
  3. Pengukuran harus dilakukan pada saat kondisi habis atau dalam keadaan terisi full.
  4. Bandingkan hasil pengecekan Anda dengan beberapa teori pengisian daya baterai yang bisa Anda dapatkan di google. 
  5. Jika terdapat perbedaan antara teori dan hasil test dapat dipastikan baterai power bank Anda dalam keadaan tidak normal lagi. Biasanya baterai untuk konsumsi HP pada power bank berkisar maksimal (full) 4.2V dan minimum (lowbat) 3V, nah jika ternyata diluar daripada itu berarti baterai power bank Anda dalam keadaan sudah tidak baik.
Contoh Baterai Power Bank
Contoh Baterai Power Bank

Cara mengganti Baterai Power Bank

Sebelum melakukan penggantian baterai power bank,  sebaiknya kenali terlebih dahulu jenis baterai Power Bank anda, baca Membuat Power Bank Sendiri, dengan membaca jenis baterai yang ada di body baterainya, jika tidak disertakan maka anda dapat menggantinya dengan jenis yang sesuai (recharged). Kebanyakan posisi baterai dalam power bank dipasang secara paralel, ini untuk menjadikan baterai mempunyai tegangan tetap dan memiliki daya berlipat. Penggantian baterai dapat dilakukan dengan cara melepaskan kabel kutub positif dan negatifnya saja dan menggantinya dengan kemasan yang sesuai (sama) namun jika dibeli terpisah anda harus cermat melakukan penyolderan kesetiap kutub masing-masing baterai karena jika tidak maka baterai tersebut malah menjadi rusak. Oleh karena itu pada saat penyolderan lakukan dengan cepat.

12 Comments