Cara Agar Android tidak lemot

Penyebab hape lemot, atau android lemot penyebab terbesarnya adalah kurangnya kapasitas memory dukung untuk pemakaian aplikasi secara bersamaan (RAM yang terlalu kecil). Solusi agar android tidak lemot adalah dengan mengupgrade atau menambah memory internal dan RAM. Android lemot  juga mempengaruhi kecepatan akses data internet android, sebab untuk membuka bagian halaman situs yang biasanya banyak menggunakan image/gambar bahkan video memerlukan memory yang mencukupi.

android yang lemot
Aplikasi yang berjalan diam-diam atau kita lupa menutup aplikasi lain yang masih berjalan, juga berpengaruh besar terhadap mesin android anda, Untuk membuktikannya coba anda tekan tombol bergambar kotak ganda pada layar bawah kanan android (untuk pengguna ASUS atau gadget dengan os tertentu)  dan lihat apa yang sedang tampil dan belum anda tutup, segeralah tutup semua aplikasi yang masih terbuka tersebut dengan menekan close (X).Lihat gambar dibawah ini

aplikasi yang belum ditutup

Gambar diatas adalah bentuk penggunaan memory cache, yang memakan memory internal android anda. meski mempunyai keuntungan yakni kita dapat dengan mudah kembali lagi ke bagian dimana kita pernah singgah tanpa menguras kuota, namun tidak untuk konsumsi memory pada android kita. Selain itu ada beberapa hal yang perlu anda lakukan agar android anda tidak lemot :

Memanagemen menu pilihan pengaturan, geser layar dari atas kanan ke arah bawah, maka akan tampil menu pengaturan disana, non aktifkan penggunaan alat pada android anda seperti akses lokasi, singkronisasi otomatis, filter, bluetooth dll.

Menu pengaturan Android

Jika anda merasa pada android anda terlalu banyak hal yang mesti dibenahi, maka cobalah benahi ulang, anda bisa menggunakan cara meringankan kerja android dengan membaca artikel ini. Atau gunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa anda dapatkan di google play store, silahkan cari aplikasi  pembersih smartphone anda. Harap gunakan satu buah aplikasi saja, jangan terlalu banyak mendownload aplikasi pembersih android sejenis, dikhawatirkan malah semakin berat beban android karena dikontrol oleh banyak aplikasi serupa. Jalan terakhir jika ketiga solusi di atas belum dapat menyelesaikan masalah, maka beralihlah ke pengaturan pabrik.

Previous
Next Post »
0 Komentar