Cara Kerja Mesin Pendingin, Air Conditioner (AC)

Memiliki Air Conditioner atau biasa disingkat AC sudah merupakan suatu kebutuhan untuk golongan masyarakat ekonomi menengah ke atas. Memiliki mesin pendingin udara di dalam rumah untuk sistem pendinginan ruang, khususnya yang tinggal di wilayah tropis adalah hal yang lumrah. Namun kebutuhan tersebut tidak selamanya dapat dipaksakan bagi masyarakat ekonomi menegah kebawah, terkadang cukup dengan menggunakan sistem pendingin biasa seperti kipas angin biasa atau mungkin mulai sedikit ditingkatkan dengan membeli kipas angin air yang tentunya sudah sangat membantu menurunkan suhu ruang. Tetapi jangan kaget, sistem pendingin udara dengan kipas angin air sekarang harganya hampir mendekati mesin pendingin AC.

Sekedar berbagi informasi tentang Cara Kerja Mesin Pendingin AC saya akan uraikan satu per satu sistem kerja mesin pendingin dan bagian bagian yang ada pada mesin pendingin ac tersebut :

Bagian Outdoor unit mesin pendingin (AC) rumah :

Bagian ini biasanya dapat kita lihat di luar dinding rumah atau gedung yang dipasang ac, terlihat seperti kotak berukuran 70x50 dengan kipas yang sesekali berputar yang menandakan ac tersebut sedang digunakan sang pemilik. Satu buah unit outdoor biasanya digunakan untuk satu buah Unit AC. 


outdoor uni ac
Outdoor unit AC
Compressor AC
Fungsi dan cara kerja compressor AC adalah untuk memompa gas bertekanan rendah (dingin) yang berasal dari evaporator (indoor unit). Saat AC dinyalakan, compressor AC akan memompa dan mengubah fluida/refrigent berupa gas bertekanan rendah menjadi gas bertekanan tinggi. Gas bertekanan tinggi tersebut diteruskan menuju area kondensor.

compressor ac
compressor ac
Kondensor AC
Fungsi dan cara kerja Kondensor AC  Kondensor merupakan bagian yang panas dari air conditioner yang berfungsi untuk mengubah gas yang bertekanan tinggi yang berasal dari compressor kemudian diubah menjadi cairan (liquid)  bertekanan tinggi untuk dialirkan ke orifice tube. Kondensor dapat juga disebut heat exchange yaitu area tempat memindahkan panas ke udara dengan bantuan fan ukuran besar untuk mendinginkannya atau berfungsi merubah gas panas ke intermediate fluid (semacam air larutan yang mengandung ethylene glycol). Letak kondenser adalah di dalam outdoor unit ac dimana terdapat fan besar yang selalu berputar jika ac sedang bekerja.
condensor ac
condensor ac
Orifice Tube
Fungsi dan cara kerja Orifice tube,  dipasang pada bagian awal setelah kondenser sebelum masuk ke bagian katup ekpansi berfungsi untuk menurunkan cairan bertekanan tinggi dari kondensor ke tekanan dengan suhu rendah (dingin) atau bertekanan rendah. Dalam beberapa sistem pendingin yang berbeda, pada bagian ini selain memasang sebuah orifice tube atau filter dryer, dipasang juga katup ekspansi.
filter dryer / orifice tube
filter dryer / orifice tube


Bagian indoor unit mesin pendingin (AC) rumah

bagian Indoor AC
indoor unit
Katup Ekpansi (expansion valve)
Fungsi dan cara kerja katup ekpansi (expansion valve), Katup ekspansi berfungsi dan dirancang untuk mengontrol cairan pendingin yang melewati katup orifice dan merubah wujud cairan menjadi uap saat ketika cairan dingin meninggalkan katup "pemuaian" ini, dan kemudian memasuki evaporator. Katup ekpansi adalah komponen penting dalam sistem pendingin. 
gambar katup ekpansi
katup ekpansi
Evaporator AC
Fungsi dan cara kerja Evaporator AC,  Refrigent (freon HFC134) berupa gas/uap bersuhu dingin dibagian evaporator ini di sebarluaskan ke seluruh ruangan dengan bantuan kipas turbin (blower ac indoor) dan menyerap panas dalam ruangan melalui pipa kumparan pendingin. Refrigent dalam evaporator mulai berubah kembali menjadi uap tapi mengandung sedikit cairan bersuhu rendah. Campuran refrigent kemudian masuk ke akumulator / pengering. sama halnya seperti fungsi orifice namun bekerja kebalikannya sebelum melalui compressor AC untuk memperoleh tekanan dan beredar dalam sistem lagi. Pada evaporator biasanya dipasangi semacam silikon (thermistor) yang berfungsi untuk menyerap dan mengukur kelembapan dari gas freon atau refrigent. Evporator ini terletak pada unit Indoor.
evaporator ac
Evaporator

Gambar alur sistem kerja mesin pendingin AC :
Alur dari sistem kerja mesin pendingin AC
Alur dari sistem kerja mesin pendingin AC
(sumber gambar dari google searching).
Previous
Next Post »

8 komentar

  1. Ir Ariel Gokill17 Maret 2016 12.38

    ngeliat nya mumet gan wkwkw

    BalasHapus
  2. biar ga mummet gimana lagi ya... ?? kwkwk..begini saja, Intinya itu bagaimana menyambungkan "audio output modul MP3" ke "Input Speaker aktif". Sedangkan untuk tegangan 12v diambil dari tegangan power supply speaker aktif juga. Pasti bisa.

    BalasHapus
  3. yusuf habibullah1 Juni 2016 21.27

    gan, itu modul mp3 usb bisa tambah baterai/power supply di bisa di cas?

    BalasHapus
  4. Bukan gan itu maksudnya power suply yang sumber listriknya nya dari PLN. bukan dari accu atau batterai. Maaf

    BalasHapus
  5. Gan...sya bingung mau pasang modul di tape mobil,,klo misal output dr modul sya colokin di colokan aux tape mobil bisa gak?
    Mohon bantuannya

    BalasHapus
  6. Koishii Yudho26 Juli 2016 19.37

    Boleh minta kontak hp nya gan, ane mau tanya2. Itu jg klo ga keberatan. Klo lewat tulisan dan gambar, jujur bingung gan.
    Ini model arus masuk listrik tape ane gan.
    Mohon bantuannya.
    Terima kasih

    BalasHapus
  7. Bisa dong Agan... jangan khawatir gan outputnya masih kecil jadi tidak membahayakan tape mobil agan. Yang penting pasangnya bener ya.

    BalasHapus
  8. mas, kalau bisa coba cari tegangan keluar nya aja, itu yang di gambar adalah tegangan listrik dari PLN (220VAC) jangan ambil dr situ bisa meledak modulnya, dan mas bisa kesetrum, hehe.. coba mas cari lagi deh yg keluaran dari gambar itu yang mengarah ke rangkaian Amplinya biasanya tegangan keluarnya 12 Volt DC. Makasih.. be carefully

    BalasHapus