Penyebab Google Play Tidak Bisa Dibuka

Masalah Google Play tidak Bisa Dibuka (kesalahan setting Data dan pengaruh cache)

Kenapa google play store tidak dapat dibuka, apa penyebab play store tidak dapat dibuka, Itulah Pertanyaan yang sering muncul dari para pengguna OS Android, yang ingin men download aplikasi terbaru pada perangkat android atau hanya sekedar ingin menambah aplikasi yang ada di perangkat androidnya. Pada umumnya penyebab aplikasi google playstore tidak dapat dibuka ("Unfortunately, the process com.google.process.gapps has stopped" = "Sayangnya proses akses ke com.google.process.gapps telah dihentikan") adalah karena  beberapa  hal, dua diantaranya : 
logo google play store
1. Setting proxy untuk jaringan data pada perangkat android anda dalam posisi default atau settingan otomatis jaringan nirkabel yang tersimpan dalam cache memory masih belum berubah. Jika hal tersebut terjadi pada perangkat android Anda segeralah melakukan pengosongan setting yaitu dengan cara menghapus setting ip proxy atau bisa langsung dengan;
2. Menghapus memory Cache, bahwa data penelusuran yang masih tersimpan di memory, biasanya tidak serta merta hilang begitu saja, namun anda dapat menghapusnya secara manual/keseluruhan history data server atau hasil searching situs tertentu (game dll) dengan demikian saat menggunakan jaringan data baru maka proxy otomatis akan menyesuaikan settingannya pada server yang sedang anda gunakan (mode dinamis) hal ini biasa berlaku untuk android menggunakan area wifi (hotspot). 

Untuk pengujian anda boleh mencoba membuka settingan proxy jaringan data (internet) dengan masuk ke  menu pengaturan > nirkabel dan jaringan > jaringan seluler > nama poin akses > pilih point akses yang dicentang > silahkan hapus isi proxy > tekan menu  lalu Tekan Simpan.
Berikut Screenshot menggunakan Hape Android merk tertentu :

Buka "Setelan > Lainnya"

Settingan proxy1

Buka "Jaringan Seluler" :

Settingan proxy2

Buka "Access Point Names (Nama Titik Akses)" :

Settingan proxy3
Buka atau tekan "Internet" (pada android anda mungkin sedikit berbeda) :

Settingan proxy4
Buka / tekan "Proxy" (pada kasus dimana masalah terjadi, biasanya isian IP Proxy berisi kode angka tertentu, lakukan penghapusan  :
Settingan proxy5

Keadaan sesudah dihapus tekan OKE : 
Settingan proxy6


Sebelum menghapus settingan proxy harap anda mencatat settingan tersebut, siapa tahu suatu saat jika terjadi masalah pada saat menggunakan jaringan lain atau data selular anda bisa mencoba menggunakan  setting proxy lama. 

Kembali ke googe play store, setelah dilakukan penghapusan proxy coba kembali ke aplikasi google play store tersebut, biasanya anda langsung bisa menggunakannya kembali. Penjelasan diatas adalah untuk masalah google play karena kesalahan koneksi.

Selanjutnya mengenai cara menghapus memory cache, data cache biasanya tersimpan di memory internal, yang memang dikhususkan untuk membackup data terlusur pada situs yang biasa kita kunjungi, ini untuk mempermudah dan meringankan mesin telusur untuk kembali lagi ke situs dimana biasa kita pernah singgah, termasuk dapat mengirit pemakaian data (kuota) anda. Sangat banyak aplikasi atau utility pembersih memory yang tersedia di google playstore yang bisa didownload, namun kita dapat membuka aplikasi bawaan dari gadget android kita. Bertumpuknya memory cache dapat menyebabkan terkurasnya memory RAM, walaupun pada kenyataannya memory dalam RAM dapat hilang saat gadget direstart ulang, karna pada memory RAM bukan hanya dibebani oleh cache, namun oleh semua aplikasi yang sedang berjalan di gadget anda, berikut cara menghapus memory cache :

Buka "Setelan" kemudian tekan "Apl" (Aplikasi) :

Cara Menghapus cache 1
Perhatikan pada Android anda cari icon untuk membuka option properti (seperti gambar dibawah ini anda tekan icon titik tiga baris) yang berada disebelah kanan atas. :

Cara Menghapus cache 2
Setelah menekan icon titik berbaris tiga akan muncul menu sebagaimana gambar dibawah, lalu pilih "Clear cache of all apps"  :
Cara Menghapus cache 3


Masalah tidak bisa download di google play store 

Sebagaimana telah dijelaskan di atas penggunaan memory berlebihan menyebabkan terkurasnya memory RAM anda, walaupun pada kenyataannya memory dalam RAM dapat hilang saat gadget direstart ulang, Hal tersebut tentunya merupakan salah satu penyebab kita tidak bisa download di play store.  Kita sering mengalami tidak bisa mendownload aplikasi menggunakan playstore, karena memory tidak cukup atau space yang ada dimemory internal tidak cukup untuk menyimpan hasil download aplikasi dari google play store, lalu kita langsung memvonis ada masalah pada aplikasi google play tersebut. Jika ternyata penyebab terjadi error saat mendownload maka mulailah mengurangi pemakaian aplikasi yang tidak perlu yang tersimpan di memory internal cobalah untuk melakukan Uninstall aplikasi tersebut. Anda juga dapat menghentikan proses update otomatis untuk aplikasi yang dijalankan atau memindahkan data aplikasi dan file-file seperti foto, video ke memory eksternal (sdcard). Setelah itu coba anda restart kembali gadget anda. Pelajari juga aplikasi yang terkait dengan google play seperti google play service, lakukan pembersihan cache di dalamnya.

Jalan terakhir adalah membackup atau menyalin semua data yang ada seperti data kontak, data sms, catatan-catatan penting, foto dan video ke memory eksternal maupun ke PC, lalu lakukan reset ulang ke setelan pabrik (factory reset) maka anda akan mendapatkan kembali memory anda dan menginstal kembali aplikasi yang dinginkan dengan nyaman.
Previous
Next Post »
0 Komentar