Membuat filter saringan air double turbin

Jika sumber air untuk keperluan di rumah keruh atau kotor tentunya harus di jernihkan dengan penjernih air, berikut tip dan cara membuat filter air atau saringan air atau digabung saja namanya menjadi filter saringan air yaitu dengan menggunakan batang paralon PVC ukuran besar ukuran diameter lebih kurang 10cm dengan panjang pvc lebih kurang 1 meter yang dipotong menjadi 4 bagian. Sebab harga filter saringan air seperti anda ketahui lumayan mahal, dirumah anda juga bisa memilikinya bahkan bisa dipatenkan oleh anda sendiri. Namun filter saringan air ini hanya buat menjernihkan air mandi atau mencuci, bukan untuk diminum langsung. Lihat Gambar berikut, sebuah rancangan sederhana namun lumayan boros pompa, hehe.  
Filter Saringan Air
Klik untuk memperbesar gambar
Bagian-bagian filter penyaring air dan cara kerjanya :

Tabung filter air menggunakan bahan PVC Paralon ukuran besar (sedang), dibuat double untuk menmaksimalkan keluaran air dari filter sehingga debit air yang keluar dari tabung filter lebih banyak, sehingga beban hisap dari Motor2 (M2) tidak terlalu berat. Seperti pada gambar kedua ujungnya disatukan menggunakan pipa paralon uk. 1/2 inc.
Tabung filter saringan air ganda
Mesin pompa ganda (double motor), dengan maksud supaya beban Motor1 (M1) tidak terlalu berat mendorong air melalui 2 buah filter. Tadinya saya ingin membuat filter penyaring air dengan satu buah mesin pompa atau mesin dorong akan tetapi karena saya memiliki dua buah mesin air yang satunya tidak digunakan alias rusak dibagian dinamonya lalu saya lepas saja dinamonya dan dengan hanya menggunakan rotor sehingga tidak ada efek induksi magnetik di dalamnya sehingga saya anggap aman untuk digunakan. Kedua mesin pompa air ini sama merek dan typenya sehingga tidak terlalu sulit untuk menggandengnya, Hanya memodifikasi bagian blower belakang pompa yang batang besi rotatornya saya tambah panjangnya dimaksudkan untuk dipasang pulley kecil dan laher baru dibagian paling ujungnya dengan presisi tentunya. Demikian pula pada mesin pompa M2, dengan hanya melepas blower belakang lalu saya pasang pulley seukuran di M1 dan sebuah laher diujungnya. Setelah pulley disejajarkan maka tinggal memasang vanbelt untuk kedua pulley tadi (pulley=rel vanbelt). Pada M2 saya hanya memanfaatkan turbin airnya saja.
Motor Pompa paralel menggunakan vanbelt
Menggunakan Pressure Switch guna mematikan mesin secara otomatis, Pressure switch dipasang diantara pelampung dengan filter ke2, pemasangan pressure switch ini guna memutuskan arus listrik yang sistem kerjanya diparalel dengan pelampung air. Cara kerjanya adalah pada saat pelampung mendapat dorongan ke atas (air penuh) maka air pada keran pelampung akan tersumbat sehingga pipa di antara pelampung dan filter ke 2 mendapat tekanan air, dengan adanya tekanan air yang kuat akan mendorong pressure switch dan memutuskan aliran listrik dan kedua motor pompa akan mati. Jika air dalam bak kita gunakan dan air berkurang, maka pelampung akan membuka kerannya dan pressure switch akan menghubungkan aliran listrik kembali.
Pressure Switch pemutus aliran listrik

Pelampung air pemutus aliran air
Kilk gambar untuk memperbesar
Sekarang kita akan membahas mengenai pemasangan filter air di dalam tabung PVC Paralon, dalam penjelasan ini saya hanya akan menjelaskan yang penting-penting saja yaitu cara kita mengatur "posisi" bahan filter. Jadi sementara tidak membahas mengenai bahan-bahan yang digunakan untuk penjernih air. Seperti gambar di bawah ini yang menjelaskan bahwa kita harus membuat ruang bebas gerak air, untuk menjaga keleluasaan air yang masuk maupun keluar dari filter, baik F1 maupun F2 (F=Filter). Sehingga wadah pipa kecil untuk menyalurkan air tidak tersumbat oleh bahan-bahan filter atau bahan penyaring air yang mungkin suatu saat bisa menumpuk didalam pipa saluran air. Hal ini juga agar turbin M2 yang bertugas sebagai pendorong ke2 tidak terganggu. Perhatikan gambar berikut : 
memasang filter saringan dalam tabung filter
Klik untuk memperbesar gambar
Bagaimana cara membuat sekatan/pemisah filter untuk membuat ruang bebas disekitar pipa keluar? 
Untuk membuat nya anda hanya menggunakan bahan PVC Paralon ukuran besar tadi yang dipotong dengan ukuran 4 cm saja. Potongan tadi akan kita masukkan kedalam tabung filter, supaya bisa masuk anda tinggal memotong lingkaran (ring pipa) tersebut, barulah kemudian potongan tadi dapat dimasukkan kedalam pipa atau tabung. Karena kita harus membuat sekatan/pemisah maka gunakan jaring kasa halus bahan plastik (biasa untuk kawat nyamuk plastik) dan pasangkan ke ring untuk sekatan tadi lalu anda dorong dengan kedalaman kira-kira 10cm saja asal tidak menyentuh pipa saluran keluar. Lihat Gambar berikut : 
Pemasangan sekat filter air
Demikian artikel Membuat filter Penyaring Air double turbin, ala Pasang Kabel, yang dapat anda praktekkan di rumah,  semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
0 Komentar