Membuat UPS menggunakan Relay 220VAC

Jika membeli Alat UPS yang sudah jadi tinggal pasang beres, sebenarnya lumayan mahal sih, tapi yah sudah satu paket dalam satu wadah yang rapi tinggal colok saja dan biarkan dia bekerja sendiri. 
Nah untuk menerangkan prinsip kerjanya saya ada ide untuk sekalian menjelaskan dengan membuat langsung UPS tersebut tentunya dengan peralatan yang memang sudah ada di rumah. Baik akan saya jelaskan apa saja yang harus dipersiapkan untuk membuat UPS sederhana ini :

  • 1 (satu) buah Charger Aki yang masih berfungsi baik
  • 1 (satu) Aki bekas yang tentunya masih bisa digunakan 
  • 1 (satu) buah Inverter murah dengan daya 300-500 Watt saja
  • dan 1 (satu) buah Relay 220VAC merk Omron dengan socket nya.

Contoh Gambar Relay dimaksud : 

Relay220vac with socket
Nah jika Anda sudah mempersiapkan dan yakin peralatan seperti Charger 12V, Aki 12V dan Inverter sudah tersedia dan ditambah 1 buah relay 220VAC sudah siap maka tinggal anda rakit sesuai gambar berikut ini. Namun perlu di ingat gunakan kabel yang sesuai dengan keperluannya
 dan jangan sampai salah memasang kabel persebut, sebab jika terjadi kesalahan dalam pemasangan kabelnya maka bukannya berhasil malah UPS proyek anda bisa membuat sekering depan rumah jatuh hehe.

Untuk lebih jelasnya akan saya buat gambar cara pengkabelan UPS Sederhana ini mudah-mudahan anda dapat melakukannya dengan baik dan semoga hasilnya dapat anda manfaatkan untuk pengetahuan maupun keperluan rumah tangga. 

Rangkaian UPS Sederhana
Rangkaian UPS Sederhana
Mohon pastikan tegangan Charger terlebih dahulu, jika pada charger ada pilihan pengaturan kecepatan charge (biasanya dibuat untuk penambahan tegangan beberapa volt, semakin tinggi voltage dari output charger maka pengecasan akan semakin cepat) gunakan pengaturan kecepatan charge yang paling rendah, ini untuk menjaga kondisi batteri/aki dapat bertahan lama (awet), atau anda dapat mengunakan multimeter untuk mengetahui tegangan keluaran dari charger Aki tersebut.

Kemudian pastikan Relay yang digunakan sama persis dengan relay yang ada dalam gambar di atas, sepengetahuan penulis merk relay dimaksud adalah OMRON. Untuk Cara Kerjanya anda dapat menelusuri rangkaian pada relay nya, namun jika ada waktu penulis akan menjelaskan secara rinci proses kerja ups sederhana tersebut.

Nah untuk cara kerjanya sama persis seperti UPS yang biasa dipakai untuk backup PC dll, Maka ketika Listrik menyala relay akan memposisikan alur listrik PLN ke pin 5-8 atau bypass ke Stop Contack Output dan proses charger ke Baterai/Aki. Sedangkan jika Listrik atau PLN dalam keadaan mati maka relay akan memutuskan proses charger dan menghubungkan tegangan aki/baterai ke Inverter maka dari inverter akan mengeluarkan tegangan AC ke Stop Contact output. Selamat Mencoba Semoga Berhasil.
Previous
Next Post »
0 Komentar