Ups Tidak Bisa Backup

Pernah sekali memiliki ups komputer beberapa tahun berlalu tiba-tiba ups tidak berfungsi dengan benar. Kejadiannya saat mati lampu, mati juga upsnya. Kesimpulannya ups tersebut pasti habis masa pakainya dan hanya menjadi alat bypass saja saat listrik menyala.
Jenis Ups menggunakan baterai kering
Jenis Ups menggunakan baterai kering

Pengalaman menarik juga saya alami saat memperbaiki ups APC C1000 type desk dengan display digital. Saat listrik padam maka akan muncul error semacam cuitan dari buzzer dan relay nya yang gak berhenti kletak kletuk dan displaynya juga terlihat blinking hidup mati.

Saat kita yakin masalah tersebut terjadi pada modul perangkat rectifier yang ada di dalam unit ups, namun kita juga harus memiliki keyakinan berbeda bahwa perangkat utamanya adalah adanya baterai kering (aki kering) yang harus dicek dan dipastikan berfungsi dengan baik.

Setelah baterai di lepas dan di cek dayanya ternyata pada multimeter tegangan normal, Namun saat ingin mengetahui Arus keluaran baterai kita tidak memiliki alat yang bisa mendeteksinya. Waktupun berjalan hingga akhirnya mencoba trik menggunakan baterai lain (cadangan) yang masih good. dan Tadaaaa.. Ups tersebut ternyata berfungsi kembali. 
Baterai Ups yang sudah rusak
Baterai Ups yang sudah rusak

Kesimpulan :
Baterai kering ups tidak serta merta kita anggap baik jika sudah tidak bisa backup tegangan listrik, meskipun saat di ukur tegangannya menggunakan multitester dan terlihat normal namun pada kenyataannya tidak dapat menyimpan arus yang normal. 

Kasus-kasus tersebut belum tentu juga dapat kita anggap sama, maka teliti terlebih dahulu permasalahannya sebelum mengganti Baterai dengan baterai baru.  Namun kasus No Backup 80% adalah masalah baterai kering yang ada dalam ups. Sebagai masukan bahwa pastikan ups telah digunakan dalam waktu lama, baru kita bisa meyakinkan bahwa itu benar benar kerusakan baterai, namun jika ups baru digunakan beberapa bulan sudah tidak bisa backup listrik maka disarankan untuk membawa ketempat service terdekat. 

Previous
Next Post »
0 Komentar