Membuat Antena 2 Meter Band menggunakan RG58

Penggiat amatir radio Rapi atau Orari yang ingin merakit antena sendiri, tentunya sudah sering mencari-cari model antena yang bagus untuk dijadikan antena komunikasi yang handal dan memiliki kualitas terbaik. Antena komunikasi amatir memang begitu banyak bertebaran di dunia online tinggal pesan langsung datang, tapi yah pastinya itu cara instan dan tidak memiliki nilai eksperimen tidak  bisa memuaskan jiwa seorang amatir. Jiwa amatir adalah latih diri dibidang komunikasi dan kata temam saya harus memiliki nilai eksperimental yang "tinggi-tingi sekali". Makanya jika ingin dikatakan seorang amatir radio tidak sah jika belum pernah mencoba mempraktekkan dan menggunakan buatan sendiri.

Antena 2 meterband adalah antena yang sangat intens dengan kegiatan amatir radio sekarag ini, dulu untuk memulai sebagai seorang amatir adalah dengan membuat antena 80 meterband, saat ini kegiatan tersebut sangat jarang sekali terdengar di udara. Saat ini lebih banyak memulai dari praktek pembuatan antena 2 meterband saja, mungkin karna antena ini memiliki fisik sederhana dan simpel pembuatannya sehingga penggiat lebih tertarik ke 2 meterband. Oh iya untuk alat komunikasi pun yang namanya HT itu banyak sekali dijual online dengan harga yang murah meriah, dan sangat gampang diperoleh. 

Berikut kami mencoba memberikan saran bagi pemula yang ingin merakit antena khusus yang sudah memiliki HT atau Rig di rumah, atau bahkan para pengguna komunikasi komersil untuk kegiatan usahanya, dengan membuat sebuah antena sederhana berkualitas dan tidak diragukan lagi,  maka anda dapat membuat antena yang sudah saya gambar secara utuh ini untuk langsung dipraktekkan. Antena ini sangat lumayan dalam hal kualitas penerimaan maupun pancarannya, tinggal anda matchingkan sesuai frekuensi yang sudah dimiliki (berlicensi). Antena ini saya buat dan saya dapatkan dari salah satu website amateur Handal yang beralamat tertulis dalam gambar dibawah ini. Antena ini mempunyai nilai SWR sangat kecil 1,2:1 jika dibuat sesuai petunjuk. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat antena 2 meterband ini sangat gampang dicari yaitu :

1. Kabel RG58 sediakan sesuai kebutuhan tinggi tiang antena.
2. Pipa Paralon 1,5meter ukuran diameter 1inc
3. Penutup Paralon 1 inc  cukup 1 buah saja
4, Benang pancing Nylon (cukup 5 cm saja)
5. Solder atau bor listrik (untuk melobangi paralon)
6. Bracket antena ke tiang antena.
7. Socket / Konektor Antena untuk HT atau Rig (sesuaikan ukuran RG58)

Antena Dual Band Half-Wave Flower Pot Antenna
Dual Band Half-Wave FPA

Cara membuat Antena 2 Meterband Sederhana tanpa element tambahan, hanya menggunakan kabel RG58 sebagai berikut :
  1. Perhatikan gambar, lalu ambil ujung kabel kemudian potong pembungkus kabel (kupas serabutnya hingga menyisakan lapisan teflon dan inti kabel saja sepanjang 45,7cm, buang serabutnya dengan rapi. setelah itu pada bagian yang tidak dikupas anda siapkan sepanjang 44,7 cm lalu ditandai menggunakan isolatif kertas atau ikat dengan benang.
  2. Siapkan paralon 1 inc (1,5 m) tadi, ukur dari titik ujung ke lobang pertama menjadi sepanjang 45,7+44,7=90.4cm kemudian lobangi dengan bor atau solder, buat seukuran kabel Coax atau dilonggarkan sedikit.
  3. Masukkan ujung kabel yang sudah dikupas tadi kedalam lobang yang sudah dibuat dan tarik ujung kabel tadi hingga ke ujung paralon lalu ikat ujung kabel tersebut dengan benang nylon.
  4. Pastikan pada lobang adalah letak tanda di kabel yang tadi dibuat, lalu tarik agak kencang ujung kabel menggunakan benang nylon tadi (keluarkan benang nilon pengikat ujung kabel lalu tutup ujung paralon sehingga benang nylon terjepit dan tertarik ke dalam (tahap pertama selesai).
  5. Posisikan ujung paralon dan ujung kabel tadi di atas dan kabel coax yang ada dibagian luar anda gulung seperti membuat spoel dengan diputar ke arah kiri.
  6. Untuk jumlah spoel 2 meter band (amatir) anda bisa membuat spoel dengan jumlah 8 kali ditambah 1 kali untuk dimasukkan ke lobang berikutnya (SWR 1,2:1). Lalu kemudian tandai akhir gulungan dengan membuat kembali lobang kedua (sebagai pengikat gulungan) > perhatikan gambar, dan silahkan diperbesar gambar agar terlihat jelas) di gambar tersebut ada 4 lilitan dari coax RG58 (yang bisa untuk frekuensi 160Mhz ke atas) namun SWR berkisar di 1,3 s/d 1,4:1.
  7. Ambil ujung kabel satunya dan masukkan kedalam lobang kedua kemudian tarik perlahan sampai semua kabel bisa masuk. 
  8. Harusnya posisi kabel sudah berhasil masuk ke lobang kedua sepanjang ukuran kabel tersebut, dan kemudian anda dapat mengencangkan spoel/gulungan kabel pada paralon tadi dengan memutar  terus menerus menggunakan telapak tangan anda dengan sedikit kencang . Maka setelah dirasakan gulungan tadi menjadi kencang maka kencangkan juga kabel coax dengan menariknya sedikit agak kencang ke arah bawah antena. dan setelah semua di rasakan kencang lalau ambil isolatif  kemudain rekatkan gulungan tersebut agar tidak mengendor atau merenggang.
  9. Sekarang posisi gulungan sudah aman saat direkat isolatif, kemudian.
  10. Membuat atau memasang konektor kabel Rg58 yang nantinya akan anda pasangkan ke HT atau Rig sesuai adapter konektor yg digunakan.
Catatan untuk lebih mempermudah pekerjaan anda bisa memulai cara di atas dengan terlebih dahulu membuat coil antena atau kebalikan dari cara diatas, sisakan beberapa cm ujung kabel untuk jaga-jaga agar saat di gulung dan di tarik ke dalam panjang antena bisa disesuaikan dengan ukuran paralonnya.

Antena ini oleh pembuatnya diberi nama Dual Band Half-Wave Flower Pot Antenna. Dual Band ini adalah dengan menambah  pembungkus aluminium foil dengan ukuran yang tertera pada gambar di atas. Namun jika tanpa pembungkus aluminium luar maka hanya dinamakan VHF Half-Wave Flower Pot Antenna.

Untuk kreasi lainnya coax telanjang pada bagian atas dapat anda ganti dengan sebatang pipa ukuran diameter 10mm tanpa pelindung pvc sebagaimana gambar di bawah ini, sebagai catatan model sepeti ini memiliki SWR besar diatas 2.
Half-Wave Flower Pot Antenna V.2
Half-Wave Flower Pot Antenna V.2
Selamat mencoba 
Previous
Next Post »
0 Komentar