Membuat Charger Aki dengan Tegangan Bertingkat

Cas aki (accu charger) yang dibuat dengan fast charge (tegangan bertingkat) yang memungkinkan agar pengecasan aki dapat diatur kecepatannya. Charger aki semacam ini biasanya dapat anda beli di toko elektronik di kota anda. Prinsipnya adalah dengan menaikkan tegangan primer trafo, hal ini memang jarang dilakukan, kebanyakan modifikasi ini dilakukan pada gulungan sekunder trafo.

Cas Aki ini sebenarnya dari sebuah charger lama yang saya beli di toko elektronik, baru kali ini di buka dan ternyata rangkaian didalamnya memiliki beberapa perbedaan dengan charger sederhana yang biasa kita sampaikan di beberapa artikel, di sana terlihat sumber dari ampere meter diambil dari paralel coil  (coil / gulungan terbuka dari kawat email berdiameter 1,5mm dan diameter gulungan sekitar 2cm, dengan jumlah gulungan sekitar 35 gulungan) tanpa ferit.

Cas aki dimaksud menggunakan Amperemeter 10 A dan menggunakan Dioda Bridge GSIB660, yang mempunyai kekuatan arus hingga 6A dan tegangan 800V dipasang pada heatsink (pendingin).
Berikut Rangkaian dalam Charger Aki (untuk charger Aki Motor atau Aki Mobil) yang dapat saya gambarkan secara sederhana : 

Skema Charger Aki menggunakan Trafo Step Up Primer
Gambar Skema Charger Aki menggunakan Trafo Step Up Primer
Pada rangkaian skema Charger yang saya buat merupakan hasil bongkar-bongkar charger lama yang tentunya masih berfungsi dengan baik. Ada beberapa hal dari gambar yang mungkin terlupa saya gambar yaitu letak fuse pengaman rangaian charger. Anda dapat memasang fuse tersebut pada posisi setelah selektor 6-12V, gunakan fuse 1 Ampere. Selamat mencoba semoga rakitan Charger anda berhasil. Untuk charger aki sederhana dapat anda baca pada artikel lainnya.
Previous
Next Post »
0 Komentar