Membuat Kabel Data dan Setting Frekuensi Motorola

Untuk membangun sebuah jaringan komunikasi,  berupa penggunaan alat komunikasi repeater, yang terdiri dari beberapa base (Rig) station,  baik itu yang terdapat pada kemasan repeater maupun yang portable, seperti Rig dan berberapa perangkat HT, yang nanti nya mungkin akan anda gunakan untuk keperluan stasiun base atau stasiun mobil, biasanya diperlukan program yang memungkinkan untuk dapat memprogram kanal frekuensi atau memodifikasi tampilan menjadi lebih private pada penggunaan alat komunikasi.

Sering terjadi ketika membeli perangkat rig atau repeater anda kemudian dihadapkan pada tahap pengkanalan frekuensi.  Hal itu tentu saja membuat masalah baru dan membingungkan apabila kurang berpengalaman.  Bisa saja pemilik toko menyarankan untuk setting langsung ditoko nya, namun biasanya harus mengeluarkan biaya lagi.

Paket software program kabel khusus Motorola memang tidak dipasarkan secara umum, namun untuk melakukan modifikasi biasanya software program tersebut sudah banyak beredar di halaman pencarian google, tentunya anda bisa mendownload dan mencari program yang sesuai dengan merek perangkat yang akan digunakan contoh merek Motorola.

di bawah ini akan dijelaskan juga cara menjalankan aplikasi program data Motorola tentunya mulai dari awal hingga aplikasi dapat dijalankan. Tutorial ini memang sangat banyak di share melalui video youtube, namun saya akan mencoba menyampaikan cara ini melalui tulisan secara sederhna dan dapat dengan  mudah dipahami.

Anda perlu mempersiapkan sebuah Konektor USB Male yang sudah dilengkapi dengan chip TTL (USB to TTL) di kabel asli Motorola juga terdapat chip serupa pada kabel sehingga kita dapat menggunakan USB TTL tersebut untuk project ini, untuk jelasnya USB TTL dapat anda lihat penampakannya seperti  gambar dibawah ini :
Jenis FTDI FT232RL (merah)
mini USB to TTL  Jenis FTDI FT232RL (merah) 
Gambar USB TTL
Male USB TTL PL2303HX

Berikut cara membuat Kabel Program Data Motorola :
  1. Kabel Data Program Motorola GP2000 dan Pro2150
  2. Kabel Data Program Motorola GM3188 dan GM3688
  3. Kabel Data Program Motorola GM338 dan CDM1550

Membuat Kabel Data Program Motorola GP2000 dan Pro2150

Berikut Skema pengkabelan sebuah Kabel Data Program Motorola GP2000 dan Pro2150, pertama anda perlu mempersiapkan Modul Mini USB (USB to TTL) Jenis FTDI FT232RL (merah), gunakan kabel Audio Stereo dan Jack Stereo. Karena penggunaan kabel ini akan disambungkan ke Jack Audio dari perangkat HT Motorola GP2000 atau Pro2150. Berikut adalah gambar pengkabelan tersebut :

Kabel Data program Motorola GP2000 atau Pro2150
Gambar Kabel Data program Motorola GP2000 atau Pro2150
Cara Setting Program : 
Untuk Software Program Data kabelnya dapat menggunakan software Alpha Series Radio Versi R01.20 caranya dengan mendownloadnya kemudian install ke pc berikutnya tinggal colokin jack audio tadi dan buka aplikasi Alpha Series radio dan pilih port pada menu "comm port" yang sesuai (biasanya harus dicoba satu persatu). kemudian klik view dan pilih tree wiewer. Pilih Convensional Personality akan ada daftar kanal lalu klik. Setelah itu nama kanal dapat anda ubah menjadi nama yang sesuai keinginan mis. Posko01. kemudian silahkan memodifikasi Frekuensi sesuai spesifikasi perangkat atau Frekuensi Ijin. setelah yakin diisi dengan benar maka untuk membuat kanal lainnya klik channel sellect, dan pilih kembali kanal berikutnya lalu kemudian lakukan setting yang sama dengan memilih frekuensi lainnya. Setelah selesai melakukan set frekuenai kemudian klik tombol ok setelah itu lakukan penyimpanan hasil seting kanal tadi.  

Perlu menjadi perhatian gunakan atau set frekuensi sesuai Ijin Frekuensi atau band frekuensi yang di ijinkan oleh pemerintah.

Membuat Kabel Data Program Motorola GM3188 dan GM3688

Kabel Data Program Motorola GM3188 dan GM3688
Gambar2, Kabel Data Program Motorola GM3188 dan GM3688
Perhatikan Gambar di atas Untuk Motorola GM3188 dan GM3688 anda harus menyediakan USB to TTL FTDI FT232RL dalam perakitannya, kebanyakan orang salah dalam merakit kabel ini, berakibat tidak dapat membaca piranti USB TTL rangkaian ini mungkin sama dengan gambar 3 dibawah namun perlu dicermati bahwa untuk skema pengkabelannya tidak menggunakan Resistor 1K ohm, kabel tersebut perlu dilepas atau di isolatif saja.

Membuat Kabel Data Program Motorola GM338 dan CDM1550

Berikut adalah pengkabelan pada pembuatan kabel data program Motorola GM338 dan CDM1550 yang secara umum mempunyai karakteristik modul TTL yang tidak jauh berbeda. Kabel ini dirancang untuk jenis Motorola type berbeda dengan gambar 2 di atas, namun anda juga bisa menerapkan rangkaian ini pada USB to TTL FTDI FT232RL apabila ternyata tidak kompatible dengan perangkat GM338 dan CDM1550. Berikut Gambar rangkaian pengkabelan USB TTL  PL2303HX ke Pin RJ45 :  
Kabel Data Program Motorola GM338 dan CDM1550
Gambar 3 : Kabel Data Program Motorola GM338 dan CDM1550


Gunakan Resistor 1K pada kabel berwarna Hijau dan Coklat agar kabel ini dapat bekerja. Secara keseluruhan anda dapat menggunakan software serupa sebagaimana tutorial cara setting frekuensi di atas. Namun Jika software tersebut tidak dapat digunakan maka anda dapat mencari software yang sesuai dengan type Motorola ini.

Previous
Next Post »
0 Komentar