Hardisk dan CDROM ACER Z1402 Tidak Terbaca di Bios

HDD dan ODD Laptop Acer  Z1402-38GR tidak terbaca di bios itulah judul yang saya rencanakan selama 3 hari untuk memulai menulis. Artikel ini saya tulis bukan sekedar curhat yang teramat dalam mengenai produk Acer, namun lebih kepada ingin bertukar pendapat kepada para pemirsah sekalian, sebenarnya kenapa sih si Acer ini lebih banyak memiliki kasus pada bios maupun mati total. Saya berharap kepada para pemirsah untuk berbagi ilmu atau pengalamannya, baik yang diselesaikan sendiri maupun melalui tukang service. 

Berawal dari pembayaran laptop second dalam kondisi power on but blankscreen (gelap), yang ditawarkan oleh seorang teman karena butuh duit sebesar 500 ribu rupiah. Ditambah rasa penasaran yang begitu dalam untuk sekedar mengetahui apa yang sebenarnya telah terjadi pada sang laptop. Namun di sisi lain jiwa bisnismen sedikit jalan karna pasti ada nilai ekonomi dari beberapa komponen dari isi laptop yang masih berfungsi, contoh HDD, Memory RAM, LCD, Baterai dll. Namun ternyata keinginan tak seperti diharapkan sebab ada komponen penting yang tak terlihat dari bawaan laptop tersebut yaitu memory RAM dan satu lagi ternyata tanpa Charger. 

Setelah Laptop Acer Z1402-38gr ini saya periksa dengan membuka cashing bawah, ternyata kabel lcd dalam keadaan dilepas, dan memory RAM dalam keadaan kosong dan parahnya lag tidak disertakan charger/adaptor. Kemudian saya coba untuk mencari Charger UNIVERSAL, dan saya dapatkan Charger Universal dengan spec tertulis 4A max dan tegangan yang bisa di atur dari 12V-24V DC Out. Dengan set pada tegangan 19V (not pure) lumayan mendekati yaitu 18.8VDC namun saya kurang pasti saat digunakan, apakah tegangannya masih sama. Yang jelas setelah dicoba ternyata berfungsi dan Laptop sepertinya dapat di charge. 

Selama dua hari mengerjakan project laptop second broken ini ternyata membuat kepala nyut-nyut. Hal itu disebabkan karena laptop ini rusaknya agak membingungkan alias Rusak Tanggung. Pada saat melakukan booting logo acer lumayan lama baru muncul yaitu sekitar 20 detik lalu selang 10 detik langsung ke menu bios (otomatis). Secara keseluruhan semua normal, lalu pada menu pembacaan Hardisk (SATA dan ODD) hasil yang didapat bahwa Hardisk dan ODD is Empty alias tidak terbaca, meskipun sudah bolah balik tukar mode OS Legacy to UEFI. 

Hardisk tidak terbaca pada bios laptop Acer
Gambar : Menu Pembacaan Hardisk pada bios Acer z1402-38gr
Bolak-balik mencari penyebab sampai mencoba 3 (tiga) buah Hardisk yang masih baik dan sempat juga menggunakan Hardisk SSD, hasilnya tetap sama yaitu "Empty". Akhirnya untuk sementara saya hentikan terlebih dahulu project ini karena harus ke warung sebelah guna nyari obat sakit kepala.

Cek Hardisk SATA
Beberapa hardware laptop Acer Z1402 Core i3, ini telah dicek, pertama dengan melakukan uji coba hardisk yang lain (HDD yang masih bagus) bahkan pada HDD yang sudah di install Windows, Namun Hal itu tetap belum menyelesaikan masalah karena saat dinyalakan tetap mengarah ke setting bios dan HDD masih belum terdeteksi. Namun HDD sepertinya beroperasi normal (ada proses spin saat laptop pertama kali dinyalakan) dan ada proses pengereman saat laptop dimatikan (terdengar suara spin berhenti) indikasi ada tegangan masuk. Kesimpulan HDD tidak ada masalah.

Cek DCROM
Begitu pula dengan CDROM sangat sulit untuk buka, namun kadangkala terbuka, terkadang tidak dapat dibuka seperti ada kesalahan perintah dari kesisteman hardware.

Baterai Laptop/Cmos
Baterai laptop digunakan untuk mengoperasikan laptop dan sekaligus untuk backup cmos, sehingga pada motherboard tidak ditemukan baterai cmos sebagaimana di kebanyakan motherboard lain. Saat Charger dipasang proses charging masih berfungsi baik dan baterai terisi dengan baik.

Blower CPU
Blower CPU Acer Z1402-38gr ini masih berfungsi baik, saat cpu mengeluarkan panas yang dialirkan ke heatsinknya proses pendinginan dari blower bekerja dengan baik dan akan berhenti saat cpu standby atau sudah dingin.

Memory RAM
Memory RAM bawaan dari Laptop ini adalah 2 GB namun saya menggunakan 4GB tentunya tidak berpengaruh pada saat uji coba dan Memory RAM terpantau pada bios begitu pula CPU Processor juga dapat terbaca pada bios.

Setting UEFI dan Legacy Mode pada SATA HDD
secara keseluruhan pada saat setting dapat berjalan dengan baik, tidak ada perubahan yang didapat agar HDD berfungsi. HDD tetap saja tidak bisa terdeteksi begitu pula dengan CDROM (ODD).

0 Comments