Mesin Cuci Tidak Dapat Mengeluarkan Air Cucian

Banyak kasus kerusakan mesin cuci Samsung WA90F4 yang sering saya alami di rumah, sebab saya sendiri adalah pemakai mesin cuci dengan merk tersebut, yaitu merk Samsung WA90F4 yang sudah hampir sepuluh Tahun saya gunakan. Untuk perawatannya sendiri termasuk jarang, kecuali memang ada laporan dari istri saya maka langsung saya cek apa yang menjadi permasalahannya lalu kemudian saya ganti dengan membeli alatnya di Service Center Samsung di kota Saya.

Sebagaimana Kasus Mesin cuci Samsung WA90F4 pada artikel Motor Pembuang Air Mesin Cuci Rusak atau Drain Motor yang rusak, kali ini Saya akan membahas kerusakan pada Proses Pengeringan Mesin Cuci yang tidak dapat mengeluarkan air cucian sedangkan motor pengering berfungsi dengan baik. Motor Pengering Samsung WA90F4 adalah berupa Motor dengan modul terpisah yang berfungsi menarik Katup / Sumbat Air saat beroperasi (Mencuci), Saat pembuangan air, ia akan menarik Penyumbat yang bentuknya seperti karet spiral dalam sebuah tabung selang. Posisi motor ini adalah pada bagian bawah-belakang, Selain berfungsi menarik Katup/Penyumbat Air di tabung ia juga berfungsi sebagai menarik tuas rem Spinning (Pengering) sehingga saat tegangan spinning dilepas dan tabung masih berputar maka rem inilah yang menghentikan sisa putaran tabung.

Analisa awal kerusakan tersebut adalah kerusakan Motor Penarik Katup air, namun setelah saya ganti dengan yang baru (Saya langsung beli tanpa cek fungsi terlebih dahulu) ternyata problemnya masih sama, sehingga ada kerugian di sana (lumayan harganya 450rb) dan dibuang sia-sia, tapi tidak apalah, itung-itung agar lebih awet lagi. Selidik punya selidik, putar sana sini, pencet sana sini, tarik katup secara manual, bolak balik tube sampai air tumpah membasahi lantai (tentulah Listriknya dicabut terlebih dahulu) dan nyaris frustasi,  barulah kemudian ada ide untuk menggunakan tombol CLEAN TUBE.
Tombol Clean Tube untuk menghilangkan sumbatan Air Tabung
Gambar : Tombol untuk menghilangkan sumbatan Air Tabung

Saya Mencoba Tombol CLEAN TUBE yang selama ini tidak tahu apa fungsinya, setelah di pilih dengan menekan tombol CLEAN TUBE (tombol yang lain dalam keadaan normal semua) kemudian saya tekan START, sampai akhirnya air dalam tabung penuh, proses Pembersihan Tabung pun dimulai (seperti proses mencuci pakaian). Kemudian saya tinggalkan karena saya ga tahan lagi menunggu. Sorenya saya WA istri apakah air dalam tabung mengering? ..jawaban istri saya YA. oke sampai disini saya fikir belum bisa digunakan sebagai jawaban apakah mesin cuci saya benar-benar normal atau tidak. Keesokan harinya saya "perintahken" istri sayia untuk mencuci pakaian.

Pagi saya berangkat kerja dan tidak lupa mengulang pesan "Mencuci" kepada istri saya, selang 3 jam berlalu dari meja kerja kantor, saya cek dengan kirim pesan WA ke istri menanyakan Kegiatan Mencuci Pakaian menggunakan mesin cuci yang sudah di CLEAN TUBE tadi malam, dan ternyata jawabannya POSITIVE, mesin cuci dilaporkan mencuci kembali dengan benar,  Alhamdulillah.. Puji Tuhan.
untuk menonton video cara kerja motor tersebut saya upload di chanel youtube

0 Comments