BERBAGAI CARA BERBAGI INTERNET

Didalam suatu lingkungan tertentu seperti pada sebuah kantor atau sebuah rumah kosan atau apalah, yang warganya sangat memerlukan sebuah jaringan Internet, maka jika kita dituntut menyediakan falisitas internet ataupun ingin berupaya berbagi bersama mereka tentuya terlebih dahulu harus mengetahui cara membangun sebuah jaringan Internet Lokal terbatas pada lingkungan tersebut.
Anggap saja dalam satu lingkungan dimaksud kita sudah memiliki 1 buah jaringan yang mereka belum dapat memiliki maka tentunya kita dapat membantu mereka dengan membagi apa yang kita miliki tersebut dengan sangat mudah namun harus memiliki sedikit keahlian tentang membangun sebuah jaringan internet. Baiklah kali ini kita akan membahas berbagai cara berbagi Internet ke pengguna lain dengan beberapa metode sharing.

Berbagi Internet Data Seluler 
Melalui HP
Jika menggunakan HP, tentunya menggunakan HP Smartphone, kita bisa berbagi atau sharing Data Internet menggunakan fasilitas tethering yang sudah tersedia dalam sistem Android, untuk sistem lainnya saya belum tahu, karena saya bukan pengguna handphone merk iPhone atau lainnya. Selain bisa berbagi data Internet, penggunaan tethering hp Android ini bisa di set untuk beberapa user tergantung berapa orang pengguna yang ingin kita bagi. Namun harap diketahui semakin banyak pengguna (user) yang kita share maka semakin berat kerja hp android kita sehingga kita perlu mempersiapkan jumlah Kuota yang tersedia dan yang satu lagi tak kalah pentingnya adalah agar charger dalam posisi terpasang pada hp android yang kita share tersebut.
Aktifkan tehtering sambil mengisi baterai
Posisi saat melakukan tethering dalam waktu lama
Untuk mengaktifkan tethering pada Android anda buka pengaturan (setting) kemudian cari menu untuk mengaktifkan wi-fi pribadi, wi-fi hotspot, atau hotspot pribadi pada menu "sambungan nirkabel lainnya" (di hp merk oppo). Kemudian agar penggunaan hotspot pribadi yang dibuat tersebut menjadi lebih aman, maka tinggal pilih menu pengaturan hotspot pribadi, nah di sana akan diarahkan ke pembuatan kode password.

Melalui Pemancar Modem
Modem Internet sudah sangat banyak penggunanya terutama bagi pengguna yang wilayahnya sangat terbatas provider internetnya dan masih menggunakan layanan Data Selular. Saat ini Modem telah diproduksi sesuai tekhnologi data terkini dan selalu update, anggap saja saat ini tekhnologi data selular sudah ke tekhnologi 4G dan mungkin sebentar lagi akan menjadi 5G, maka modem yang diproduksi dan dijual di pasaran biasanya akan lebih cepat rilis atau bersamaan dengan dirilisnya tekhnologi dukungan tersebut. 
Contoh Gambar Jenis Modem
Berbagai Jenis Modem
Modem merupakan sejenis pemancar ulang yang berfungsi melakukan komunikasi data (internet) yang sumbernya diambil dari sumber tertentu atau dari jaringan provider tertentu yang dipasangkan dengan sumber kabel data atau berbentuk SIMcard data selular. Tentunya bentuk fisik akan lebih fleksible/portable. Modem juga diproduksi secara spesifik oleh masing masing provider penyedia Data Internet contoh Modem yang dikeluarkan oleh huawei dan diberi nama Huawei+Penyedia jaringan Modem, sehingga penggunaannya khusus buat jaringan yang bekerjasama dengan Huawei dan setiap produk akan dilock. Namun jika sebuah modem sudah dalam keadaan di unlock maka modem tersebut akan dapat digunakan untuk berbagai penyedia layanan.


Berbagi Internet dari Jaringan Provider tertentu
Melalui Wi-fi
Dari penjelasan di atas tentunya sudah mengetahui fungsi wi-fi, yaitu suatu pancaran frekuensi radio pada area tertentu bersifat layanan komunikasi data internet yang bisa di akses secara langsung oleh pengguna internet baik itu yang disediakan/digunakan dengan gratis maupun berbayar/komersil. Wifi adalah suatu jenis layanan Nirkabel (tanpa kabel), Wifi sendiri dikelola oleh sumber penyedia data internet baik yang disediakan langsung maupun dibuat khusus sipengelola area dari sumber yang sudah tersedia.
Jadi wi-fi dapat kita  buat sendiri pada suatu cakupan area yang akan kita buatkan layanannya (hotspot), yaitu dengan membeli sebuat perangkat wi-fi dan kemudian melakukan setting wi-fi dengan nama tertentu sesuai keinginan.
Wifi juga kadang-kadang sudah langsung disediakan oleh pemilik jaringan (provider) yang pada saat mereka melakkan pemasangan jaringan internet sudah satu paket dengan paket Wi-Fi (Modem+Wi-fi), Namun untuk kenyamanan pengguna biasanya jenis modem yang disediakan dapat diubah identitas (SSID)nya sesuai keinginan kita sendiri, jadi kita dapat berkreasi dengan modem tersebut, namun disarankan tidak mengubah parameter-parameter tertentu, justru akan membuat modem tidak dapat berfungsi. Jadi sebaiknya pelajari terlebih dahulu cara kerja alat tersebut.
Jenis modem yang dijelaskan diatas merupakan jenis nirkabel baik pada modem yang berfungsi untuk 1 alat pengguna saja, maupun jenis modem yang bersifat seperti hotspot Wi-Fi untuk banyak pengguna.

Melalui Router
Untuk berbagi Internet maka router adalah sebuah alat komunikasi memiliki fungsi membagi suatu jaringan berisi data dalam cakupan lebih luas (misalnya lebih luas dari fungsi sebuah switch meski kebergunaannya hampir sama). Berbeda dengan switch, maka router dapat beroperasi secara manual dan juga dapat diatur secara otomatis (dinamic). Wi-fi adalah salah satu pendukung dalam menyalurkan data internet /jaringan, sehingga tercipta Router yang sudah memiliki Wi-Fi sehingga biasa dinamakan Router Wi-Fi (WLAN). Bahkan malah dilengkapi juga dengan terminal pembagi jaringan melalui koneksi Kabel LAN. Sumber Data bisa dari sebuah Modem yang terpasang di sebuah Router dan disebarkan kembali melalui kabel LAN maupun Wireless (wi-fi), karena saat ini jenis Router sudah memiliki banyak fungsi.
Jenis Router yang umum digunakan
Salah satu perangkat Router
Melalui LAN
Sebagaimana penjelasan fungsi Router diatas, LAN sendiri merupakan sebuah fasilitas yang disediakan di setiap alat pembagi jaringan seperti pada router maupun switch. Fungsi LAN terbatas untuk memenuhi kebutuhan jaringan lokal pada ruang operasi tertentu. LAN dapat diatur secara otomatis maupun manual agar data bisa terkirim pada perangkat user yang memerlukan. LAN sendiri tidak harus mengirim data Internet yang di ambil dari jaringan luas, namun LAN dapat difungsikan untuk membangun jaringan Lokal antar perangkat yang saling terhubung dan tertutup. Jaringan LAN dapat terhubung antara satu dengan perangkat LAN yang lain yang memiliki koneksi LAN.
Koneksi LAN pada jaringan tertutup
Koneksi LAN 

0 Comments