MEMBUAT UPS MENGGUNAKAN 2 BUAH RELAY

Sehubungan ada kesalahan pembuatan pada proyek lama saya tentang cara Membuat UPS menggunakan Relay 220V, Yang mungkin beberapa rekan sudah terlanjur membuat dan tentunya merasa bingung atau tidak berhasil. Untuk hal tersebut saya meminta maaf karna mungkin sudah begitu gegabah menguplod artikel yang tidak benar. Sehubungan dengan hal tersebut dengan ini admin sudah mengupayakan perbaikan rangkaian UPS yang sengaja dibuat untuk menggantikan proyek lama yang gagal tersebut. 
Bahan yang diperlukan juga relatif tidak banyak berubah, seperti harus tersedia Inverter DC to AC minimal 300W dan sebuah Charger Accu 12 Volt (bisa dibuat sendiri atau dibeli).  Yang berbeda dalam perakitan kali ini adalah admin menggunakan Relay Type LY2NJ jenis DPDT 220VAC 10A, Saya kira relay ini tidak terlalu sulit untuk dicari di toko elektronik dan jangan lupa siapkan beberapa kabel untuk merakit UPS ini, Berikut gambar jenis Relay dimaksud :


Jadi saat membeli pastikan Relay yang di beli sudah beserta socket nya, Sedangkan untuk letak kaki-kaki Relay ini dapat di lihat pada gambar dibawah ini :
Untuk yang terakhir saya menyediakan sebuah gambar skema pemasangan UPS menggunakan 2 Relay, yang sengaja saya buat untuk menyempurnakan proyek lama yang gagal atau salah gambar. mudah-mudahan dapat menyelesaikan masalah rekan pecinta Pasang Kabel yang beberapa waktu lalu sempat mengontak saya melalui email. Berikut Rangkaian UPS dimaksud : 
Untuk memulai pengerjaan nya dimohon agar diperhatikan dengan teliti saat perakitan, karena jika salah satu kabel salah dalam pemasangannya akan berakibat fatal. Dan disarankan gunakan aki (accu) atau Baterai yang baik, jika perlu aki nya beli baru. Sedikit saya jelaskan cara kerja UPS buatan Pasang Kabel ini sebagai berikut :
1. Saat Listrik dari PLN kita pasang (mohon dipasang steker nya) dan saat PLN dalam keadaan menyala maka relay akan membuka jalur yang akan langsung menuju Stop Kontak sehingga Output 220VAC akan di Bypass langsung ke Stop Kontak.
2. Dalam keadaan PLN menyala tersebut Relay 2 juga akan membuka jalur ke Charger lalu ke beban aki (accu) dan memutus aliran ke Inverter, sedangkan output Inverter akan di putus melalui Relay 1 (relay atas).
3. Saat Listrik PLN mati (off) maka Relay 2 akan memindahkan jalur dari aki ke Inverter, tentunya jalur dari Charger akan terputus sedangkan untuk relay 1 bertugas memindahkan jalur inverter menuju Output Stop kontak.220Vac. 
4. Anda bisa menambahkan sakelar (switch) on/off pada bagian antara pin no. 2 pada relay kedua (bawah) dengan input (+) inverter. Atau gunakan saklar paralel untuk menambah satu lagi saklar on/off untuk input 220vac listrik pln. 

Proses perpindahan ini berlangsung sangat cepat sehingga jika beban peralatan elektronik anda sedang menyala maka kemungkinan besar tidak akan mengalami masalah tegangan. Demikian Proyek perbaikan ini saya share, mudah mudahan bermanfaat.    


0 Comments